Ilustrasi

BI Buat Gerakan Penggunaan Koin

Kamis, 01 September 2016 | 17:49 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Kondisi ini menjadi perhatian Bank Indonesia, sehingga menyelenggarakan kegiatan ‘Gerakan Peduli Koin Nasional” di berbagai provinsi di Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam penggunaan uang koin sebagai alat pembayaran yang sah dan meningkatkan efektivitas uang koin yang mempunyai nilai sama dengan uang kertas sebagai alat tukar dalam bertransaksi.
“Kami juga menghimbau pedagang/peritel untuk memiliki budaya yang sama dan bertanggung jawab dalam memberikan hak konsumen berupa pengembalian dalam bentuk uang, bukan bentuk lainnya saat bertransaksi,” lanjutnya.
Untuk menyukseskan Gerakan Peduli Koin tersebut, BI juga mengajak perbankan untuk ikut serta dalam kegiatan ini dan melayani masyarakat yang akan menukarkan uang koin. Gerakan Peduli Koin di Sulsel akan dilaksanakan di Anjungan Pantai Losari Makassar pada hari Minggu, 4 September 2016.
“Kami mengharapkan masyarakat yang memiliki uang koin yang tercecer, dibiarkan atau mungkin dianggap tidak berharga untuk hadir dalam acara tersebut dan menukarkan uang koinnya di stand Bank Indonesia,” pungkasnya.(*)

pt-vale-indonesia

Halaman:

BACA JUGA