ilustrasi

Munculkan Calon Lain, Langkah DPP Dinilai Cairkan Kekuatan Ichsan Jelang Musda

Sabtu, 03 September 2016 | 14:41 Wita - Editor: Muhammad Seilessy - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Azwar Hasan menilai dinamika yang berkembang di partai Golkar Sulsel, bukan sebagai langkah untuk menjegal, Ichsan Yasin Limpo sebagai calon ketua DPD I Golkar Sulsel di Musda nanti.

Azwar mengatakan langkah DPP melalui Pelaksana tugas (Plt), Nurdin Halid yang akan menggelar Musda DPD II Golkar pada 24 kabupaten/Kota. Sebelum Musda DPD I Golkar Sulsel ini. Ia menilai sebagai langkah untuk mencairkan pendukung mantan Bupati Gowa dua periode itu. Agar beberapa nama lain bisa dimunculkan dalam pertarungan tersebut seperti Tanribali Lamo, Agus Arifin Nu’mang dan Rusdin Abdullah.

“Saya pikir bukan upaya pencegalan sudah ada skenario dari DPP karena DPP pasti akan melakukan pencairan kekuatan di Sulsel kerena ada akumulasi kekuatan yang dilakukan oleh Ichsan,” kata Azwar kepada GoSulsel.com saat dihubungi, Sabtu (3/9/2016).

Tetapi citra DPP melalui langkah tersebut jelang Musda Golkar Sulsel dianggap akan melemahkan kekuatan Ichsan. Sebab sejauh ini langkah konsolidasi kekuatan jelang Musda yang dilakukan oleh ketua PMI Sulsel itu, sudah solid.

“Ichsan sudah lama menyusun kekuatan. Dengan cara seperti itu jelas mencairkan kekuatan Ichsan. Bisa juga memunculkan nama Tanribali, Agus dan Rusdin Abdullah sebagai calon,” ujarnya.

Dari dinamika yang terjadi menurutnya bisa prediksi akan terjadi 3 opsi dalam Musda nanti yakni sangat dimungkinkan Roem yang akan didorong menjadi ketua Golkar Sulsel dan Ichsan sebagai calon Gubernur yang mengendarai Golkar di Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

“Ini jalan konprominya Roem Ketua Golkar dan Ichsan calon Gubernur kendarai Golkar,” terangnya.

Sementara opsi lain Ichsan bisa menjadi ketua dan calon Gubernur Sulsel dengan mengendarai Golkar. Namun jika terjadi konflik yang berkepanjangan tentu DPP akan ambil langkah dorong Tanribali sebagai ketua dan mengendarai Golkar di Pilgub nanti.(*)


BACA JUGA