(FOTO: Sapi Qurban di Jalan Tun Abdul Razak Gowa/Rabu, 7 September 2016/Muhammad Nataz/GoSulsel.com)

Sebelum Membeli, Perhatikan 8 Ciri-Ciri Sapi Qurban Sehat yang Mudah Dikenali

Rabu, 07 September 2016 | 16:56 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Nataz - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Perayaan Hari Raya Idul Adha 1437 H atau biasa juga disebut dengan Hari Raya Idul Qurban telah ditetapkan jatuh pada 12 September 2016 nanti. Salah satu kewajiban umat muslim dalam perayaan tersebut adalah dengan menyembelih hewan ternak, salah satunya yaitu sapi.

Sebagaimana yang disyariatkan, salah satu syarat hewan qurban adalah sehat. Sehat seperti yang dimaksud dapat terdiri dari beberapa hal. Hal ini penting untuk diketahui mengingat saat ini sudah banyak ditemui hewan qurban sapi yang ternyata tidak layak qurban atau sakit.

pt-vale-indonesia

Dg. Tawang, salah seorang penjual sapi qurban yang sudah menjual selama 40 tahun di Jalan Tun Abdul Razak, membeberkan beberapa ciri sapi qurban yang sehat. “Ada itu tandanya, dan sebenarnya cukup mudah untuk diketahui tanpa bertanya ke penjualnya semisalnya pembeli ragu sama penjualnya,” katanya.

Berikut ini kami rangkum 8 ciri sapi kurban sehat yang mudah diketahui versi Dg.Tawang

(FOTO: Sapi Qurban di Jalan Tun Abdul Razak Gowa/Rabu, 7 September 2016/Muhammad Nataz/GoSulsel.com)

(FOTO: Sapi Qurban di Jalan Tun Abdul Razak Gowa/Rabu, 7 September 2016/Muhammad Nataz/GoSulsel.com)

1 Bagian Telinga Sapi Aktif bergoyang

Secara fisik, memilih hewan qurban sehat semisal sapi dapat dilihat dari tingkat keaktifan pergerakannya. Perhatikanlah beberapa bagian tubuhnya, dua di antaranya yakni bagian telinga dan ekornya, jika kedua bagian tersebut selalu bergoyang, berarti sapi itu sehat.

2 Bagian Bulu atau Rambutnya Halus dan Tidak Rontok

Kedua, Anda perhatikan bagian bulu dan rambutnya. Jika bulunya halus, tidak rontok, mengkilap, tidak berdiri, tidak berubah warna dan tidak dihinggapi kutu maka sapi tersebut dapat dianggap sehat.

3 Matanya Jernih

Anda juga bisa langsung memperhatikan matanya, jika warnanya terang, bersinar, jernih, tidak sayu, tidak mengeluarkan air atau pendarahan, tidak terdapat luka maka sapi tersebut sehat.

Halaman:

BACA JUGA