(FOTO: KAos Kareba Makassar, baju khas anak Makassar/Sabtu, 10 September 2016/Andi Nita Purnama/GoSulsel.com)

Spirit Wirausaha Anak Muda Makassar Terpancar dari Kareba, Baju Khas Makassar

Sabtu, 10 September 2016 | 19:19 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Menjejal dunia wirausaha dengan membawa yang khas dari kampung halamannya untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas, itulah Fahruddin Mansyur. Pria kelahiran Makassar, 30 Mei 1988 ini merupakan seorang enterpreneur muda yang membuat brand “Kareba” yang berupa baju kaos khas Makassar.

Idenya berawal saat dia melanjutkan pendidikan ke Yogyakarta. Terinspirasi dari Dagadu yang dia temukan di Jogja dan Joger yang ada di Bali, pria yang lahir 28 tahun silam ini mencoba untuk membuat kaos yang khas dengan daerahnya yaitu Makassar.

“Saya 12 tahun di Jogja dan dapat inspirasi dari Dagadu dan juga Joger di Bali. Kenapa di Makassar tidak ada yang seperti itu. Makassar belum ada yang tenar kaos khasnya. Kadang ada tapi tidak konsisten, fluktuatif,” ujar pemilik Kareba, Fahruddin Mansyur, saat ditemui di Festival Eight, Jumat (9/9/16).

Memadukan plesetan dan gambar-gambar lucu, kaos Kareba banyak diminati dengan jargon-jargon tersebut. Misalnya kaos yang bertuliskan “Bisa mi orang Makassar bilang pelabuhan kan sudah latihanG”.

Memiliki hobi mengoleksi baju kaos khas daerah-daerah juga membuat Fahru, sapaan akrabnya, semakin tertarik untuk membuat kaos khas Makassar. Ini juga

Tahun 2016 merupakan tahun keempat dari Kareba Makassar. Dibawa binaan Dinas Koperasi dan UKM Makassar, Kareba telah mengikuti berbagai festival baik di dalam kota Makassar hingga di luar pulau Sulawesi.

“Saya balik ke Makassar mau bangun Makassar dengan apa yang kita punya. Melalui tiga tahun itu susah, tapi alhamdulillah Kareba sudah 4 tahun sekarang,” tuturnya.

Lokasinya yang berada di Jalan Pengayoman No 128 belum banyak diketahui oleh warga dan khususnya turis domestik maupun internasional. Fahruddin berharap bisa membawa brandnya ini untuk dipasarkan di bandara ataupun daerah sekitar Pantai Losari yang dekat dengan pusat keramaian Makassar.

Kareba Makassar juga telah memenangkan juara pertama untuk lomba UKM antar lorong se Kota Makassar tahun 2016.

Selain warga Makassar, kaos khas ini juga ditargetkan untuk wisatawan lokal dan mancanegara, perantauan Bugis, Makassar, Mandar, Toraja yang ada di luar Sul-Sel, dan tamu-tamu yang berkunjung ke Makassar.

“Orang tidak permasalahkan harganya, yang penting kualitas dan brandnya yang bagus,” pungkasnya.

Baju kaos Makassar ini juga dipasarkan melalui jejaring sosial. Anda bisa memesan melalui akun sosial media instagram, line, twitter di @kaoskareba, ataupun Facebook di Kaos Kareba Makassar. Bisa juga lewat bbm di 52588888 atau menghubungi 085227366604.(*)


BACA JUGA