(FOTO: USAID Prioritas/Muhammad Seilessy/GoSulsel.com)

USAID Prioritas Rancang Skenario Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik

Sabtu, 10 September 2016 | 14:35 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Skenario baru untuk meningkatkan keluaran lembaga penghasil guru atau LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) diperkenalkan oleh USAID PRIORITAS. Skenario baru tersebut akan membuat dosen pendamping lapangan (DPL) lebih sering terjun langsung ikut merefleksi dan mengevaluasi kemajuan siswa calon guru yang sedang praktik mengajar di sekolah didampingi oleh guru pamong (GP).

Dengan skenario tersebut, selama mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) yang biasanya berlangsung dua bulan, dia akan mengajar di sekolah tempat dia praktik dengan pendampingan secara bertahap. Pada tahap pertama guru pamong, atau guru yang menjadi penasehat mahasiswa calon guru, mengajar secara full (100 %) dan mahasiswa calon guru hanya mengamati saja. Tahap kedua guru mengajar 75 %, mahasiswa 25 %. Tahap ketiga,  guru 50 % mahasiswa 50 persen,  sampai tahap mahasiswa 100 % mengajar dan guru pamong memperhatikan saja.

pt-vale-indonesia

Selama proses-proses ini, dosen pembimbing mengobservasi dan ikut mereviu kegiatan mengajar itu. “Ketika pada tahap 50;50, harus diadakan konferensi antar mereka bertiga,” ujar Bernard, dosen UNM yang menjadi fasilitator pelatihan Teacher Practicum & Lab And Partner School Training (8 September 2016). Sebuah pelatihan yang dilakukan oleh USAID PRIORITAS untuk dosen Pembimbing Lapangan, guru pamong dan mahasiswa PPL yang dimaksudkan untuk mendorong pelaksanaan skenario baru ini

Konferensi ini merupakan tahap refleksi atas cara mengajar mahasiswa calon guru. Ia mendapatkan masukan  baik dari dosen pembimbing, maupun dari guru pamong. Misalnya Jamilah, dosen UIN Alauddin yang menjadi dosen pembimbing Ikhsan, seorang mahasiswa calon guru, setelah mengobservasi caranya mengajar,  memberi masukan, “Menghadapi siswa smp beda dengan menghadapi mahasiswa. Bahasanya harus musti yang mudah dipahami,” ujarnya saat konferensi.

Tidak hanya tata cara berbahasa, para mahasiswa yang ikut pelatihan USAID PRIORITAS  dan terjun langsung praktik mengajar,  juga mendapatkan masukan tentang cara membuat lembar kerja yang efektif, pengelolaan kelas, pengelolaan waktu mengajar dan lain-lain oleh dosen yang menjadi pereviu dan guru yang mendampingi.

Halaman: