(FOTO: Logo Apresiasi Film Indonesia 2016)

Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016 Ajak Warga Makassar Nobar di Fort Rotterdam

Sabtu, 17 September 2016 | 16:25 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Iin Nurfahraeni - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Setelah beberapa waktu lalu sempat mengunjungi kota Banjarmasin, gelaran roadshow kedua Apresiasi Film Indonesia [AFI] 2016 kali ini akan hadir dan menyapa kota Makassar, dengan mengajak masyarakat untuk ikut nonton bareng [nonbar] film Cinta Dari Wamena dan Demi Ucok, Sabtu (17/9/2016).

Rangkaian nonbar pertama dengan judul film Cinta Dari Wamena akan menyapa masyarakat di kampus Institut Seni Budaya Indonesia [ISBI], pada pukul 09.00 WITA, yang juga turut menghadirkan sang sutradara film Cinta Dari Wamena, Lasja F. Susatyo. Kehadiran Lasja sekaligus juga sebagai narasumber diskusi seputar industri perfilman Indonesia.

pt-vale-indonesia

Saat ditemui di sela-sela keberangkatannya di Bandara Soekarno Hatta, Lasja F. Susatyo mengatakan bahwa dirinya sangat menyambut positif penyelenggaraan AFI 2016 sebagai salah satu festival film yang sangat mengapresiasi film-film inspiratif khusunya di Indonesia.

“Apresiasi Film Indonesia 2016 saya harap mampu memberi ruang segar, serta dapat menginspirasi insan perfilman di tanah air, melalui kriteria-kriteria penilaian yang sarat akan nilai budaya, kearifan lokal, serta pembangunan karakter bangsa.” Tambah Lasja, yang juga sekaligus bertindak sebagai Dewan Juri AFI 2016.

Nonbar di kota Makassar, Sabtu (17 September) pun dilanjutkan pada malam harinya [pukul 19.00 WITA – selesai] dengan memutar film komedi Demi Ucok secara outdoor, yang berlokasi di kawasan Benteng Fort Rotterdam. Pemilihan tempat terbuka pun dilakukan agar khalayak umum dapat berpartisipasi dalam acara yang tidak dipungut biaya tersebut.

Acara nonbar kedua rencananya akan diakhiri dengan diskusi santai seputar perkembangan film di Indonesia, bersama perwakilan narasumber dari Pusat Pengembangan [Pusbang] Film – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, serta perwakilan komunitas film di Makassar.

Malam Anugerah Apresiasi Film Indonesia 2016 sendiri akan berlangsung di Grand Kawanua Center, Manado, Sulawesi Utara, pada tanggal 08 Oktober 2016.(*)


BACA JUGA