(FOTO: Kasubbid Pengembangan Perfileman Kemendikbud Sebut Makassar Kantong Film/Sabtu, 17 September 2016/Muhammad Fardi/GoSulsel.com)

Kemendikbud Harap Pemkot Makassar Apresiasi Komunitas Film

Sabtu, 17 September 2016 | 22:08 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Kepala Sub Bidang Pengembangan Perfileman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, Rita Siregar, mengajak seluruh komunitas perfileman di Makassar untuk menjadi sineas handal.

Hal ini diungkapkan Rita saat menghadiri acara Road Show Apresiasi Film indonesia (AFI) 2015 di Benteng Fort Rotterdam, Makassar, Sabtu (17/9/2016). Rita mengapresiasi para sineas dan komunitas film di Makassar yang saat ini telah mempublikasikan karya bahkan menembus bioskop di seluruh Indonesia.

pt-vale-indonesia

“Ayo teman-teman makassar menjadi cineas yang handal, Makassar ini komunitasnya bagus, salah satu kantong film yang subur,” ujar Rita disambut tepuk tangan hadirin AFI 2016.

Rita mengatakan Kemendikbud telah banyak mengapresiasi film karya sineas indonesia, bahkan dia mengatakan bahwa Kemendikbud telah memiliki program untuk mengembangkan film karya anak bangsa.

“Di sini kita sudah bantu lab, lengkap dengan alatnya untuk menumbuhkan perfilman di Sulawesi, kalau tidak salah ada di SMK Bantimurung dan itu bisa dinikmati bersama,” ungkap Rita.

Kendati demikian, Ia meminta kepada pemerintah setempat, Pemerintah Kota dan Provinsi untuk ikut bekerjasama mendorong dunia perfileman di Tanah Air.

“Kemendikbud tekah mengapresiasi komunitas tentang film, makanya pemerintah sini juga ayo dorong,” harapnya.

Tidak hanya film, Rita mengaku telah banyak mengapresiasi dokumenter lokal untuk di publikasikan ke mancanegara.(*)


BACA JUGA