Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Hadir di Makassar

Rabu, 28 September 2016 | 15:26 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Citizen Reporter

Dalam melakukan design thinking ada lima tahapan yang harus dilalui. Understand menjadi tahapan pertama dimana peserta akan memahami masalah yang benar-benar ada di lapangan. Tahap kedua adalah Diverge yaitu menggali lebih lanjut masalah yang sudah didapati dengan mencari solusi dari masing-masing anggota sebanyak-banyaknya. Tahap ini menjadi efektif dengan cara meminta seluruh anggota tim membuat draft kasar tentang bagaimana seharusnya ide tersebut berjalan dalam bentuk aplikasi.

Tahap selanjutnya adalah Decide, seperti dengan namanya, decide adalah tahap penentuan. Di tahap ini dilakukan sistem voting untuk menemukan rancangan mana yang terbaik. Tahap keempat Prototype, tahap dimana tim developer akan membuat prototype dari desain yang sudah ditentukan di tahapan sebelumnya. Prototype ini sekadar menampilkan secara kasar, bagaimana tampilan fitur utama dari aplikasi yang ingin diluncurkan tersebut. Tahap kelima adlaah Validate, prototype yang sudah jadi dilempar ke para tester, dengan tujuan untuk mendapatkan feedback dari mereka, apa saja hal yang bagus, dan apa saja yang kurang.

Pada dasarnya design thinking dilakukan selama lima hari, tetapi dalam Road to Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Makassar ini, lima tahapan design thinking tersebut akan dipelajari selama dua hari saja. Hasil dari design thinking ini secara cepat bisa dikembangkan karena sudah mengalami proses prototype dan validasi pengguna.

Materi Workshop Design Thinking ini  akan disampaikan oleh Yohan Totting selaku sprint master dan akan dibantu oleh enam co-facilitator, yaitu Ahyar Muawwal, co-founder WASDLABS.com; Faisal Jabir, CEO Nusabrain.com; Guntur Surwohadi, mentor Innovative Academy; Hilman Ramadhan founder SekolahKoding.com; Irfandy Thalib, founder MakassarEvent.com dan Rahmat Ramadhan, CEO Next-imagination.com.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mendirikan 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. (*)

Halaman: