PKK Maros Sampaikan Pemahaman Seksualitas Kepada Siswa

Selasa, 04 Oktober 2016 | 22:55 Wita - Editor: adyn -

Maros, Gosulsel.com – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Maros menuntaskan Sosialisasi Generasi Berencana (Genre) untuk siswa SMP dan SMA di 14 kecamatan.

Kecamatan Cenrana dan Camba menutup sosialisasi Genre ini dan digelar di SMA Negeri 12 Cenrana dan SMP Negeri 3 Camba pada 3 Oktober kemarin. Sosialisasi ini bertujuan untuk pemberian pemahaman seputar seksualitas, pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin kepada para siswa.

pt-vale-indonesia

Ketua TP PKK Maros, Hj Suraida Hatta mengatakan, para siswa perlu mengetahui usia ideal perkawinan sehingga bisa menyiapkan berbagai aspek yang menunjang langgengnya rumah tangga, antara lain aspek kesehatan, pendidikan, psikologi dan ekonomi.

“Sosialisasi Genre ini dilakukan dengan memperhatikan kondisi masyarakat saat ini yang masih melakukan perkawinan dini kepada putta dan putri mereka. Hal tersebut terjadi karena masih rendahnya pemahaman terkait usia kawin perempuan serta pengetahuan tentang kesehatan reproduksi,” ungkapnya, Selasa (4/10/2016).

Ditambahkannya, dengan sosialisasi ini, siswa diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada orang tua mereka tentang usia perkawinan yang baik, serta mampu mewujudkan penyiapan kehidupan berkeluarga.

Selain sosialisasi, juga diberikan pelatihan dan membentuk Pengelolaan Informasi dan Konseling (PIK) Remaja di setiap sekolah yang menjadi wadah program kesehatan reproduksi remaja dan kegiatan informasi atau konseling untuk mengkampanyekan pencegahan penularan penyakit dan sejumlah persoalan terkait reproduksi. (*)


BACA JUGA