dr Amalia Mulia Utami (baju merah), saat masih di Jerman menerima penghargaan

Dosen Unhas Raih Juara Pertama Penelitian Internasional di Jerman

Rabu, 05 Oktober 2016 | 12:59 Wita - Editor: Irfan Wahab -

Makassar, GoSulsel.com – Dosen Unhas, dr Amalia Mulia Utami beberapa hari yang lalu, 24 September 2016 meraih penghargaan sebagai juara pertama pada ajang Association of european cardiovascular pathology di Cologne, Jerman yang diikuti 52 orang peserta.

Raihan penghargaan Amalia ini karena melakukan research student di academic medical center, University of Amsterdam.

pt-vale-indonesia

Menurutnya, penelitiannya itu simpel tapi merupakan ilmu dasar dalam melakukan diagnosis pada kasus Vaskular malformasi.

“Jadi saya itu meneiliti perbedaan diagnosis dari 2 dokter untuk setiap kasus pasien. Nah, untuk kasus vaskular malformasi ini, di indonesia belum terlalu diperhatikan. Padahal kasusnya banyak. Alasannya karena mereka tidak concern terhadap klasifikasi internasional yang ada. Dan akhirnya memberikan diagnosis seadanya. Jadi bukan diagnosis yang salah, tapi tidak spesifik dan itu mempengaruhi ke terapi pasien itu,” ujarnya saat berbincang dengan GoSulsel.com pada Rabu, (5/10/2016)

Judul penelitian Vascular Malformation on Soft Tissue: Clinical VS Histological Diagnosis Amalia ini rupanya persoalan yang kerap dialami oleh para dokter di Indonesia juga dialami oleh dokter-dokter di seluruh dunia.

Halaman: