(FOTO: Disperindag Kota Makassar mengadakan pelatihan pengembangan kemampuan pengrajin perak/Selasa, 11 Oktober 2016/Andi Nita Purnama/GoSulsel.com)

Disperindag Makassar Latih Kemampuan 50 Pengrajin Perak

Selasa, 11 Oktober 2016 | 12:51 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Pelatihan peningkatan kemampuan pengrajin perak diadakan di Hotel Jolin Makassar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Makassar. Pelatihan ini akan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 11-12 Oktober 2016.

Pelatihan ini ditujukan untuk para pengrajin di dua kecamatan di Kota Makassar, yaitu Kecamatan Manggala dan Kecamatan Wajo. Kedua kecamatan ini merupakan kecamatan percontohan usaha perak di Kota Makassar.

pt-vale-indonesia

“Dua kecamatan ini sudah dikenal di nasional. Bahkan sudah ada produknya yang diekspor keluar,”  ujar Kabid Disperindag, Ikhsan NS, Selasa (11/10/16).

Peserta yang mengikuti pelatihan hari ini sebanyak 50 orang. Para peserta diberikan pelatihan selama dua hari oleh seorang instruktur pembuatan perak yang didatangkan dari Yogyakarta.

Materi pelatihan yang diberikan berupa teknik pelapisan dan desain perak yang nantinya akan menjadi keterampilan khusus yang dimiliki pengrajin untuk mendapatkan hasil kerajinan yang maksimal.

“Memang yang kita akan tingkatkan kemampuan mereka dalam hal desain dan teknik dalam pelapisan. Tekniknya yang mereka kurang paham,” tambahnya.

Disperindag telah melaksanakan kegiatan pelatihan sebelumnya dengan tema yang berbeda-beda. Misalnya pelatihan pemanfaatan eceng gondok, dan lain sebagainya.(*)


BACA JUGA