(FOTO: Jalan Perintis Kemerdekaan adalah jalan dengan bentangan terpanjang di Kota Makassar/Rabu, 26 Oktober 2016/Marwan Paris/Gosulsel.com)

Yuk Kenali 7 Jalan Raya Terpanjang di Kota Makassar

Rabu, 26 Oktober 2016 | 15:49 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Kota Makassar sebagai kota metropolitan terbesar di Indonesia Timur dengan perkembangan pembangunan yang pesat, tak pelak bila memiliki beberapa ruas jalan yang panjang.

Jalan-jalan tersebut jadi akses transportasi yang memiliki peran penting bagi kebutuhan masyarakat Kota Makassar. Gosulsel.com mencoba menghimpun beberapa jalan di kota Makassar yang dikategorikan sebagai jalan raya yang panjang.

pt-vale-indonesia

Berikut 7 jalan paling panjang yang ada di kota Makassar versi Gosulsel.com, Rabu, (26/10/2016):

1. Jalan A.P. Pettarani

Diambil dari nama seorang tokoh yang pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi di era (1956-1960). Andi Pangerang (AP) Pettarani, dikenang sebagai pribadi sederhana, seorang pemimpin yang dicintai, disegani, dan dihormati oleh masyarakat pada waktu itu. Guna mengenang pengabdiannya, namanya diabadikan pada salah satu jalan besar kota Makassar dengan panjang kurang lebih sekitar 5 Km.

Salah satu jalan arteri dengan ruas yang lebar ini terbentang dari jalan layang (Flyover) di utara hingga ke pertigaan jalan Sultan Alauddin di selatan. Posisi yang strategis berada di tengah wilayah kota seolah menjadikannya garis antara kawasan timur dan barat kota Makassar. Jalan AP Pettarani ibarat urat nadi dari sebuah kota metropolitan yang sedang tumbuh dan berkembang.

Di jalan ini pun terdapat banyak bangunan-bangunan penting. Mulai dari bangunan pemerintah seperti kantor DPRD Kota Makassar dan kantor dinas milik pemerintah. Bangunan dan kantor perusahaan juga banyak berdiri di sini, seperti PT.Telkom Indonesia. Juga ada gedung Pinisi dari perguruan tinggi UNM. Berbagai macam hotel hingga rumah makan menghiasi jalan tersebut.

(FOTO: Jalan AP Pettarani Makassar seolah jadi pembatas antara Makassar Barat dan Timur/Rabu, 26 Oktober 2016/Marwan Paris/Gosulsel.com)

(FOTO: Jalan AP Pettarani Makassar seolah jadi pembatas antara Makassar Barat dan Timur/Rabu, 26 Oktober 2016/Marwan Paris/Gosulsel.com)

Halaman:

BACA JUGA