(FOTO: Lesehan Bili-Bili menyajikan menu ikan nila dan ikan mas yang digoreng atau dibakar/Minggu, 18 September 2016/Marwan Paris/GoSulsel.com)

6 Ciri Orang Makassar Saat Makan Pasti Pernah Anda Lakukan, Ngaku?

Senin, 31 Oktober 2016 | 14:34 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

  1. Minta Kobokan

Tata aturan (Table manner ) ketika makan bukan hanya milik satu entitas masyarakat saja, bukan pula ditetukan oleh konsultan pencitraan. Setiap kebudayaan memiliki caranya sendiri untuk menikmati hidangan yang tersaji. Karena telah menjadi budaya, maka jangan heran ketika orang Makassar hanya bisa mencapai puncak kenikmatan makan hanya bila menggunakan tangannya. Bukan dengan sendok dan garpu.

Konon katanya, produk kuliner asli buatan leluhur masyarakat Sulawesi Selatan tidak dirancang untuk disantap menggunakan alat makan berupa sendok dan garpu. Kuliner Makassar seperti Coto dan Konro pun secara historis adalah hasil akulturasi antara kuliner Makassar dan kuliner dari Tiongkok yang dibawah oleh para pedagang saat menyinggahi pelabuhan Makassar beratus tahun silam.     

pt-vale-indonesia

Jadi, bila berkawan dengan orang-orang Makassar, tidak perlu repot-repot menyediakan sendok dan garpu ketika mengajak mereka makan di rumah Anda. Cukup sediakan kobokan ukuran mungil.

ikan bakar rica lesehan pa daeng 4

Halaman: