#

Tingkatkan Kemampuan Analisa Mahasiswa, FK Unibos Gelar Ujian SOCA

Selasa, 08 November 2016 | 13:37 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Makassar,GoSulsel.com – Student Oral Case Analysis (SOCA) mengawali kegiatan Ujian Tengah Semester Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Bosowa, Selasa (08/11/2016).

Ujian yang ditujukan sebagai bentuk pengingat kepada mahasiswa terkait teori yang telah diberikan selama proses perkuliahan ini dilaksanakan dengan menguji mahasiswa dalam bentuk tulisan dan lisan. Ujian yang dilakukan dengan mengikut sertakan 50 orang mahasiswa FK Unibos diadakan di Gedung Fakultas Kedokteran Lantai 2 Universitas Bosowa pagi ini.

pt-vale-indonesia

Ujian SOCA yang merupakan uji kompetensi untuk melatih analisa mahasiswa kedokteran juga diberikan dalam bentuk kasus yang dipresentasikan secara lisan. Ini dilakukan untuk membuat mahasiswa lebih memahami materi khususnya dalam hal pelayanan pasien.

Kegiatan ini dilakukan dengan membagi mahasiswa ke beberapa ruang kelas yang satu ruangan tersebut untuk ujian tulisan diisi oleh 5 orang mahasiswa. Khusus untuk ujian lisan dilakukan dengan presentasi masing-masing mahasiswa kepada penguji.

Dekan FK Unibos, dr. Alwi mengungkapkan jika ujian ini dilakukan sebagai bekal mahasiswa sebelum keberangkatan ke Universitas Airlangga di Surabaya selama 3 bulan. “90% memang ujian SOCA ini dilakukan untuk uji kompetensi kedokteran di Indonesia. Ini dilakukan selama dua hari sebagai persiapan mahasiswa untuk mengikuti proses belajar di Universitas Airlangga yang akan berangkat pada sabtu, 12 November 2016. Disana mahasiswa Unibos akan mempelajari lebih lanjut terkait dengan basic medical”, tutur dr. Alwi

Ada tiga aspek yang ingin dicapai dengan pelaksanaan ujian ini. Aspek reminding untuk melatih kemampuan mahasiswa mengingat materi yang diberikan, aspek writing untuk melatih mahasiswa dalam hal tulisan dan kemampuan dalam aspek speaking untuk melatih mahasiswa dalam berbicara.(*)
Citizen Reporter: Humas Universitas Bosowa/Dian Putri


BACA JUGA