FOTO: Kadis Pendidikan Makassar, Ismunandar memberikan sambutan di TSM Makassar/Sabtu, 21 Januari 2017/Andi Nita Purnama/Gosulsel.com

Dinas Pendidikan Makassar Jamin UNBK Tidak Bocor

Rabu, 08 Februari 2017 | 15:34 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Degina Adenesa  - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com — Kepala Dinas Pendidikan kota Makassar, Ismunandar menjamin Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tidak akan bocor.

Hal tersebut disampaikan Ismunandar usai menghadiri Rakorsus Pemkot Makassar di Hotel Four Points by Sheraton, Rabu (8/2/2017).

pt-vale-indonesia

“Kenapa kita terapkan UNBK, ini karena sistem evaluasi yang berintegritas tinggi dan kejujurannya tinggi, sehingga anak yang tidak belajar baik tidak bisa menjawab, apalagi mengharap bantuan sudah tidak ada,” ujarnya.

Lebih jauh ia menjelaskan mekanisme UNBK lebih transparan karena menggunakan sistem hitungan perjam.

“UNBK tidak ada bocoran, dari sirkulasi sistemnya itu berhitung jam. Begitu masuk soal dari server dikerjakan dan habis jam ditarik soal dan jawaban. Jadi transparansinya itu sangat besar,” tambahnya.

Selain itu Ismunandar mengimbau agar perusahaan terkait seperti Telkom dan PLN dapat bersinergi dan mendukung penerapan UNBK.

“Mungkin hanya pendukung supaya telkom mensupport sistem internetnya dan PLN tidak memadamkan lampu,” tutup Ismunandar.(*)


BACA JUGA