Februari 2017, Nilai Tukar Petani Sulsel Tingkat Nasional Urutan ke-11

Kamis, 02 Maret 2017 | 09:57 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Nilai Tukar Petani (NTP) menurut provinsi dan peringkat nasional Februari 2017, Provinsi Sulawesi Selatan menduduki peringkat ke-11 dengan NTP sebesar 101,41.

Peringkat pertama dihuni oleh Provinsi Sulbar, lalu disusul oleh Bali, Gorontalo, NTB, Lampung, Riau, Jabar, Jatim, Yogyakarta, dan Jambi.

“Rangking NTP Sulawesi Selatan dari 34 provinsi termasuk Kalimantan Utara (Kaltara) untuk bulan Februari berada pada urutan ke-11. Sementara di Januari itu, ketika posisi beras mengalami sedikit inflasi posisinya ada di urutan ke-10,” kata Kepala BPS Sulawesi Selatan, Nursam Salam.

Nilai Tukar Petani (NTP) yang diperoleh dari perbandingan indeks harga yang diterima petani (it) terhadap indeks harga yang dibayar petani (ib), merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan/ daya beli petani di pedesaan. NTP juga menunjukkan daya tukar (term of trade) dari produk pertanian dengan barang da njasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi. Semakin tinggi NTP, secara relatif semakin kuat pula tingkat kemampuan/ daya beli petani.

Berdasarkan hasil pemantauan harga-harga pedesaan pada Februari 2017, NTP di Sulawesi Selatan secara umum mengalami penurunan sebesar 0,73% dibandingkan Januari 2017. NTP bulan Januari 2017 sebesar 102,16 menjadi 101,41 pada Februari 2017.

Halaman:

BACA JUGA