foto: internet
#

Giliran Panwas Takalar yang Dilaporkan Tim Bur-Nojeng

Kamis, 02 Maret 2017 | 22:52 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Tim Pasangan Burhanuddin Baharuddin – Natsir Ibrahim melaporkan Panwaslu Takalar ke Bawaslu Sulsel, Kamis (2/3/2017). Sebelumnya, Bur – Nojeng melaporkan dugaan kecurangan di Pilkada Takalar.

Ketua Tim Manajemen Bur – Nojeng, Fachruddin mengatakan, selain adanya pemilih siluman yang sesuai hasil temuan tim jumlahnya mencapai 5.486 orang, tim membeberkan adanya dugaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang melebihi kuota kertas suara. Sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.

pt-vale-indonesia

Dia mengatakan, pihaknya juga menemukan adanya pemilih yang menggunakan C6 yang bukan miliknya.

“Semua penyelenggara kita laporkan, tetapi yang paling terpenting adalah independensi Panwaslu Takalar. Kita berharap Bawaslu menindaklanjuti laporan ini,” kata Fachruddin Rangga.

Legislator DPRD Sulsel ini menyampaikan l, salah satu bukti yang ditujukan ke Bawaslu adalah C1 yang merupakan bukti otentik Pilkada setiap TPS, kemudian disesuaikan dengan DPT masing-masing TPS.

“Ini sesuatu yang sangat aneh, ada yang memberi suara 103 persen dari total surat suara yang tersedia di TPS. Ini salah satu contoh yang ditunjukkan ke Bawaslu Sulsel dan kondisinya terjadi hampir disetiap TPS,” tegasnya.

Selain itu, adik kandung Burhanuddin Baharuddin mempertanyakan penyelenggara Pilkada, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Takalar yang telah memusnahkan surat suara yang menurutnya tanpa berita acara. Termasuk pemungutan media massa.

“Kecurangan ini massif dan terstruktur serta dimulai dari awal,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tim Media Bur-Nojeng, HM. Subhan Alwi Hamu menambahkan, berdasarkan pengalaman, surat suara yang dimusnahkan harus melibatkan seluruh paslon dan pemenang tender.

“Tapi dalam pelaksanaan nya beberapa waktu lalu tidak melibatkan paslon,” singkatnya.(*)

 

 

 


BACA JUGA