Maros Raih Peringkat 8 Indeks Literasi Nasional

Selasa, 14 Maret 2017 | 21:36 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros, Gosulsel.com – Hanya butuh waktu kurang lebih setahun dalam mengenalkan budaya literasi, Kabupaten Maros berhasil meraih peringkat 8 sebagai Kabupaten dengan pembangunan literasi terbaik tingkat Nasional.

Prestasi sebagai kategori B di bawah Kabupaten Serdang Bedagai, Lumajang, Bandung Barat, Sidrap, Tasikmalaya, Blitar dan Cimahi, ini merupakan prestasi yang membuktikan bahwa Kabupaten Maros sangat serius dalam membangun budaya literasi.

“Sebelumnya gerakan literasi ini bergerak secara parsial dan mandiri. Pemkab Maros kemudian menyatukan gerakan ini dan gencar
kampanye sejak tahun lalu. Dan tentu dibanding daerah lain yang sudah lama menggalakkan program ini Maros patut berbangga karena berada diposisi delapan,” ujar Ketua DPRD Maros, Chaidir Syam kepada Gosulsel.com, Selasa (14/03/2017).

Lanjut Chaidir, langkah konkrit yang bisa dilakukan adalah membangun rumah baca di setiap desa dan kelurahan. Ia pun berkomitmen mendorong masyarakat mengelola perpustakaan di lingkungannya masing-masing.

“Menyiapkan sarana bagi pemuda atau warga yang punya bakat menulis untuk menerbitkan buku. Membuka ruang membiasakan warga
berdiskusi secara ilmiah,” tambahnya.(*)


BACA JUGA