Gowa Terbaik Penyusunan Perencanaan Pembangunan di Sulsel

Senin, 20 Maret 2017 | 16:32 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Baharuddin - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Pemerintah Kabupaten Gowa meraih penghargaan terbaik kedua dalam penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, H Syahrul Yasin Limpo didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Provinsi Sulsel, H Jufri Rahman kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018 Phinisi Ballroom Hotel Grand Clarion, Makassar, Senin (20/3/2017).

pt-vale-indonesia

Penghargaan yang sama juga diserahkan kepada Kota Makassar sebagai Terbaik Pertama, Kabupaten Tana Toraja Terbaik Ketiga dan Harapan 1, 2 dan 3 masing-masing diserahkan kepada Kabupaten Luwu Utara, Soppeng dan Selayar.

Penyerahan penghargaan tersebut disaksikan langsung Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo, Staf Ahli Bidang Pemerataan Pembangunan Bappenas RI, Taufik Hanafi, Wakil Gubernur Sulsel, H Agus Arifin Nu’mang, jajaran forum koordinasi pimpinan daerah Provinsi Sulsel, para bupati/walikota se-Sulsel dan para pemangku kepentingan lingkup Sulsel.

Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo mengatakan Musrenbang ini merupakan akumulasi dari segala kegiatan untuk menata satu konsepsi yang utuh baik dalam RPJMD maupun APBD.

“Banyak hal yang telah dicapai Pemprov Sulsel dan seluruh pemerintah kabupaten/kota. Sulsel telah meraih 207 penghargaan nasional dan ini tentu saja bukan hanya kerja Pemerintah Provinsi tetapi semua elemen masyarakat,” kata Syahrul.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri RI, Tjahyo Kumolo mengatakan Musrenbang ini penting karena mengingatkan area rawan korupsi dan rawan bencana harus jelas penganggarannya sesuai kebutuhan hidup orang banyak.

“Musrenbang sangat penting untuk menyeleraskan dan mensinergikan program strategis nasional di daerah dan skala prioritas tingkat  kabupaten kota yang dilakukan oleh pemerintah bersama seluruh pelaku pembangunan dan dukungan semua elemen masyarakat yang kuncinya ada pada stabilitas politik dan stabilitas keamanan,” terang Tjahjo Kumolo.

Tjahjo juga mengapresiasi keberhasilan Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinan Syahrul YL dan Agus Arifin Nu’mang. “Gubernur didukung segala perangkat fokusnya jelas, sehingga daya saing di Sulsel bisa tumbuh dengan baik dan semua pertumbuhan juga cukup baik.

Para bupati dan walikota diharapkan dapat membangun inovasi, sinergitas dan koneksifitas karena kemajuan kawasan timir Indonesia semua bergantung pada perkembangan pembangunan yang ada di Sulsel,” tambahnya.

Terkait penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Gowa, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa, Taufiq Mursad mengatakan,  penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh masyarakat dan pemerintah kabupaten mulai dari desa/ kelurahan sampai ke kabupaten.

“Ini berkat partisipasi seluruh stakeholder perencanaan daerah yang semakin meningkat dan berkualitas. Taat asas, taat waktu dan taat kualitas dalam perencanaan daerah sehingga Gowa dapat meraih penghargaan terbaik dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah di tingkat Sulsel,” jelas Taufiq.

Keberhasilan meraih Terbaik II dalam penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2017 tingkat Sulsel, mengantar Kabupaten Gowa menuju penilaian tingkat nasional mewakili Sulsel bersama dengan Kota Makassar dan Kabupaten Tana Toraja untuk bersaing dengan seluruh kabupaten/kota se-Indonesia untuk meraih Anugerah Pangripta Nusantara Pratama.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sulsel juga menyerahkan penghargaan kepada Menteri Dalam Negeri RI atas pembinaan dan pengarahannya kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan selama tahun 2016 dan Menteri Dalam Negeri RI juga menyerahkan cinderamata kepada Gubernur Sulsel. (*)


BACA JUGA