Bupati Toraja, Nicodemus Biringkanae, menerima kunjungan Tim Redaksi harian Go Cakrawala dan Online GoSulsel.com di rumah jabatan Bupati Toraja, Kamis (23/3/2017)

Pemkab Toraja Fokus 3 Mega Proyek

Kamis, 23 Maret 2017 | 14:18 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Satria Sakti - GoSulsel.com

Toraja, GoSulsel.com – Pemerintah Kabupaten Tana Toraja fokus terhadap beberapa mega proyek untuk segera direalisasikan.

Proyek tersebut adalah terkait pembangunan jalan lingkar kota di Makale, peningkatan periwisata serta pembangunan bandara Buntu Kuni’ di Kecamatan Mangkendek.

pt-vale-indonesia

Diketahui, Bandara Buntu Kunik di Kecamatan Mengkendek dan Jalan Lingkar Luar Kota Makale merupakan proyek nasional yang sudah dipastikan dikerjakan tahun ini (2017).

“Fokus kita memang kedepan adalah tiga point itu. Dan memang jika pembangunan proyek Bandara Buntu Kuni’ dan Jalan Lingkar Kota bisa direalisasikan dengan cepat maka pertumbuhan ekonomi di Tana Toraja akan semakin meningkat,” kata Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, saat menerima kunjungan Tim Redaksi dari harian Go Cakrawala dan Online GoSulsel.com dipimpinan langsung Direktur Go Cakrawala, Nasruddin di rumah jabatan Bupati Torut, Kamis (23/3/2017), pagi tadi.

Dia menjelaskan, dengan terbangunnya dua proyek nasional tersebut tentu akan meningkatkan destinasi pariwisata di Tana Toraja, dan diyakini akses jalur darat dan udara akan mempermudah wisatawan mancanegara dan lokal berkunjung ke Toraja.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengaku akan tetap memprioritaskan dua mega proyek nasional tersebut yakni pembangunan Bandara Buntu Kuni’ dan Jalan Lingkar Luar Kota.

“Kami sudah memerintahkan Kementerian Perhubungan untuk merencanakan ulang. Dalam waktu dekat mereka akan turun langsung menghitung ulang terkait anggaran yang dibutuhkan, kata JK beberapa waktu lalu.

Diketahui, total anggaran yang dibutuhkan untuk bandara yang akan memiliki landasan 2.500 meter itu sebesar Rp1,7 triliun sesuai perencanaan awal. (*)


BACA JUGA