Pemkab Kepulauan Selayar terima kunjungan Kepala Cabang PT Perikanan Nusantara di ruang Sekretaris Daerah, Kamis (23/3/2017)

Selayar Gandeng Pihak Swasta Kembangkan Alat Tangkap Ikan

Kamis, 23 Maret 2017 | 16:31 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Harlin - Go Cakrawala

Selayar, GoSulsel.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Dr Marjani Sultan M.Si, menerima kunjungan Kepala Cabang PT Perikanan Nusantara, Feri Weno, di ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Kamis (23/3/2017).

Kedatangan Kepala Cabang PT Perikanan Nusantara, Feri Weno bersama tim PT Perikanan Nusantara Cabang Makassar merupakan bentuk tindak lanjut dari nota kesepahaman yang telah di tandatangani Bupati Kepulauan Selayar, Muh Basli Ali dengan Dirut PT Perikanan Indonesia dalam pengembangan alat tangkap perikanan di Selayar yang disaksikan oleh Menteri Perikanan Kelautan RI.

pt-vale-indonesia

“Kedatangan kami ke Selayar adalah tindak lanjut pertemuan dari kerjasama yang telah dibangun sebelumnya. Langkah awal Tim PerikananNusantara Cabang Makassar akan melakukan sosialisasi dan bertemu sejumlah kelompok nelayan yang ada di Kepulauan Selayar,” ungkap Feri Weno.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya akan melakukan survey penempatan kapal induk yang nantinya akan melayani Nelayan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Dr Marjani Sultan M.Si kepada Tim Perikanan Indonesia menyampaikan bahwa ada sebanyak 80 kelompok nelayan yang terdaftar resmi di Kepulauan Selayar sehingga dalam sosialisasi nantinya semua para kelompok nelayan tersebut akan diundang langsung oleh pemerintah daerah. Mengingat hal ini sangat penting untuk diketahui oleh para nelayan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Ini adalah kabar gembira bagi para nelayan di Selayar, soalnya pelemparan hasil dan harga tentu saja akan lebih bagus,” ujar Marjani.

Kapal Induk yang disiapkan sudah lengkap dengan could storagenya, sehingga tidak ada lagi hambatan bagi nelayan untuk es dan hasil tangkapannya. Daya tampung juga lebih dari 150 ton persatu kapal. Kapal tersebut akan berada di sejumlah titik di Selayar dan wilayah Kepulauan.

“Insya Allah, kerjasama Bupati dengan Perikanan Nusantara bisa mengangkat ekonomi para nelayan di Selayar,” tutup Mantan Kadis Perikanan Kep. Selayar itu, Dr.  Marjani Sultan. (*)