Tim pengendali kesehatan gratis Pemkab Gowa.

Ini Daftar Penyakit Tak Ditanggung Kesehatan Gratis Gowa

Senin, 27 Maret 2017 | 15:21 Wita - Editor: Baharuddin -

Gowa,GoSulsel.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memberikan pelayanan kesehatan gratis mulai dari Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) hingga rujukan kelas III Rumah Sakit (RS) Syekh Yusuf.

Namun, tidak semua penyakit yang ditanggung atau dijamin dalam kesehatan gratis tersebut, seperti Operasi Jantung, Katerisasi Jantung,
Pemasangan Cincin Jantung, CT Scan, MRI, Cuci Darah (Haemodialisa), Bedah Syaraf, Bedah Plastik, serta Alat Bantu Kesehatan.

pt-vale-indonesia

“Beberapa penyakit kategori berat saat ini belum dilayani oleh kesehatan gratis.Meski demikian masih dikaji oleh tim pengendali kesehatan gratis,” kata Kepala Dinas Kominfo, Statistik & Persendian Pemkab Gowa, Arifuddin Saeni, saat jumpa pers, Senin (27/3/2017).

Adapun penyakit lainnya semua ditanggung oleh kesehatan gratis namun harus dengan sistem rujukan berjenjang, dimana pasien terlebih dahulu berobat ke fasilitas kesehatan dasar Puskesmas. Jika diperlukan, maka dokter puskesmas dapat memberikan rujukan ke rumah sakit umum (RSU) Syekh Yusuf.

Direktur RSUD Syekh Yusuf, dr Salahuddin mengatakan, sasaran program pelayanan kesehatan gratis adalah seluruh penduduk Kabupaten Gowa yang mempunyai identitas (KTP/Kartu Keluarga), tidak termasuk yang sudah mempunyai jaminan kesehatan lainnya.

“Perlu diketahui, kepesertaan BPJS yang dicabut oleh Pemkab Gowa jumlahnya mencapai 119.601 jiwa, ini warga yang kurang mampu yang ditanggung penuh oleh pemerintah,”pungkas Salahuddin.(*)

Citizen Reporter: Rusli Haisarni/Gocakrawala


BACA JUGA