Kadis Pendidikan Makassar, Ismunandar

Disdik Sulsel Belum Cairkan Dana BOS Makassar, Listrik Puluhan Sekolah Diputus

Selasa, 28 Maret 2017 | 22:54 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Degina Adenesa  - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) milik ratusan SD dan SMP di Kota Makassar yang tak kunjung dicairkan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulsel, mengakibatkan saluran listrik puluhan sekolah terpaksa diputus karena tak mampu bayar tagihan.

Tidak hanya itu, dana BOS yang sejatinya cair pada Januari 2017 namun hingga Maret tahun ini tak ada tanda-tanda pencairan, mengakibatkan sekolah harus meminjam dana ke sejumlah pihak.

pt-vale-indonesia

Kadisdik Ismunandar telah berulang kali menyurat ke Kadisdik Sulsel mempertanyakan kejelasan pencairan dana BOS. Oleh Dinas Pendidikan Sulsel dijelaskan jika tersendatnya pencairan dana BOS diakibatkan keterbatasan SDM.

“Orang yang biasanya bertanggung jawab mengurusi pencairan dana BOS bertugas ke luar daerah,” kata Kadis Ismunandar pada Selasa (28/03/2017).

Biaya operasional sekolah-sekolah di Makassar sepenuhnya bergantung pada pencairan dana BOS termasuk membayar gaji guru honorer yang jumlahnya ribuan.

Kini, nasib sekolah-sekolah dan guru honorer di Makassar berada dalam ketidakjelasan menanti pencairan dana BOS dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel yang tak jelas kapan akan dibayarkan. (*)


BACA JUGA