Indonesia Eximbank Dorong UKM Ekspor di Indonesia Timur

Kamis, 06 April 2017 | 16:58 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Indonesia Eximbank bekerjasama dengan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menyelenggarakan business gathering dengan tema ‘Sinergi Kelembagaan dalam Mendorong Peningkatan Usaha Kecil Menengah Ekspor (UKME) di Kawasan Timur Indonesia’.

Acara ini di selenggarakan di Makassar, bertempat di Four Points by Sheraton, Kamis (06/04/17).

“Kami melakukan sinergi kelembagaan dengan seluruh instansi yang terkat dalam rangka mendorong UKM ekspor yang ada di Indonesia,” kata Pelaksana Tugas Direktur Eksekutif Indonesia, Susiwijono Moegiarso.

Dalam acara ini akan ada juga seminar dan coaching clinic yang bertujuan untuk menambah kompetensi para pelaku usaha kecil menengah guna melakukan ekspor dan selanjutnya dapat berkompetisi di pasar global.

Business gathering ini dihadiri lebih dari 250 pelaku usaha dimana 200 pelaku usaha mengikuti seminar dan 50 pelaku usaha mengikuti coaching clinic.

“Kita akan dorong UKM ekspor yang baru melalui coaching clinic. Setiap tahun target kita harus punya eksportir yang baru yang akan kita mendampingi hingga naik kelas,” tuturnya

Narasumber yang menyampaikan pemaparannya pada seminar yaitu Dr. Arif Budimanta (Wakil Ketua KEIN), Bonifacius Prasetyo (Direktur Pelaksana Indonesia Eximbank). Erik Hidayat (Wakil Ketua Umm KADIN Bidang UKM), dan Eddy Handoko (Direktur PT Indotropic Fishery), dengan moderator Eko B. Supriyanto

Dalam sambutannya ia juga menyampaikan bahwa acara ini merupakan salah satu program kerja Indonesia Eximbank tahun 2017 agar pelaku UKM dapat meningkatkan kompetensi dan termotivasi untuk melakukan ekspor sehingga berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi baik regional maupun nasional.

Pemilihan kawasan timur Indonesia juga sejalan dengan upaya Pemerintah melakukan pemerataan pembangunan dan ekonomi, termasuk kinerja ekspor, di seluruh wilayah Indonesia.

Bonifacius Prasetyo, Direktur Pelaksana Indonesia Eximbank yang membawahi Unit Perencanaan Strategis pada kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa Indonesia Eximbank berkomitmen untuk terus mendukung sektor UKME melalui penyediaan fasilitas Pembiayaan, Penjaminan dan Asuransi serta Jasa Konsultasi. Sehingga Indonesia Eximbank dapat mendukung baik dari sisi permodalan maupun pelatihan/ konsultasi.

“Komitmen Eximbank terhadap UKM ekspor ini cukup besar. Makassar mendapat porsi yang cukup besar untuk mendorong ekspor di Indonesia Timur,” tukasnya. (*)