PSM Makassar vs Persipura Jayapura laga uji coba, Rabu (5/4/2017), Foto Erik

Wiljan Pluim, Nyawa Serangan PSM

Senin, 08 Mei 2017 | 15:10 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Fajrin Amnur - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Wiljan Pluim sudah menjadi idola di hati para suporter dan pendukung PSM Makassar. Bagaimana tidak? sejak bergabung dengan PSM tahun 2016, sang gelandang serang sudah menarik perhatian saat bermain dikompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) tahun lalu.

Wiljan Pluim direkrut atas rekomendasi Robert Rene Alberts yang menggantikan Luciano Leandro di kursi kepelatihan PSM diawal putaran pertama TSC 2016. Selain Wiljan Pluim, ada dua nama lainnya yang didatangkan yakni Ronald Hikspoors dan Luiz Ricardo.

pt-vale-indonesia

Hanya saja, kedua pemain asing tersebut tak tampil segemilang Wiljan sehingga didepak dari tim usai kompetisi TSC berakhir.

Pemain berusia 28 tahun tersebut mengawali kariernya dengan meraih hasil imbang kala PSM bertandang melawan Persela Lamongan pada putaran kedua TSC dengan skor 2-2. Prestasi itu cukup baik bagi seorang pemain yang baru bergabung dan merasakan atmosfir sepakbola Indonesia.

Sejak itu, penampilan Wiljan Pluim terus menanjak dan memberikan warna baru dilini tengah PSM. Bahkan, alur serangan Pasukan Ramang bertumpu pada sepasang kakinya. Ia pun menjadi sosok yang tak tergantikan di lini tengah.

Penampilan eks pemain Vitesse ini sering membuat penonton terhipnotis kala mengolah bola. Bahkan, komentator sepakbola Binder Singh di stasiun-stasiun televisi yang menyiarkan TSC saat itu menyebutkan penampilan Wiljan Pluim seperti penari balet di lapangan karena kelenturan tubuhnya dalam menguasai bola.

Pluim dikarunia pengusaan bola yang apik. Umpan-umpan akuratnya sering memanjakan lini depan. Melihat performa Wiljan Pluim, tak heran jika manajemen PSM memperpanjang kontraknya selama dua tahun.

Kini, Liga 1 Indonesia sudah bergulir. Wiljan Pluim diharapkan bisa memberikan trofi juara bagi Pasukan Ramang. Hingga pekan keempat, dia sudah mengoleksi dua gol dan satu assist. Terakhir, Wiljan Pluim mencetak gol ke gawang Persija Jakarta pada pekan ketiga sekaligus gol kemenangan bagi timnya.

“Saya sangat senang. Pastinya saya akan memberikan yang terbaik untuk klub ini (PSM),” kata Wiljan Pluim.

Menarik ditunggu aksi-aksi menawan Wiljan Pluim di laga-laga selanjutnya.(*)


BACA JUGA