Longsor di Luwu Timur, Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Jumat (12/5/2017).

PMI Sulsel Instruksikan Penanganan Maksimal Bencana Longsor di Lutim

Jumat, 12 Mei 2017 | 15:32 Wita - Editor: Irfan Wahab -

Makassar, GoSulsel.com – Reaksi cepat dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel menyikapi bencana longsor di Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Timur, Jumat (15/5/2017).

Berselang beberapa menit, setelah mendapat informasi dari masyarakat mengenai bencana longsor yang dilaporkan menewaskan tujuh orang, PMI Sulsel langsung menerjunkan sejumlah tim relawan dan tenaga medis untuk melakukan evakuasi.

Staf PMI Sulsel, Subhan Halim mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan PMI Luwu Timur untuk penanganan bencana longsor di Desa Maliwowo.

“PMI langsung menerjunkan tim relawan ke lokasi bencana. Korban ada yang sementara dilarikan ke rumah sakit, dan beberapa lainnya ditangani tim medis di lokasi bencana,” ujarnya.

Selain relawan PMI Luwu Timur, organisasi kemanusiaan yang dipimpin Ichsan Yasin Limpo di Sulsel tersebut, juga menyiagakan tim relawan dari daerah terdekat semisal PMI Luwu Utara.

“Relawan PMI Luwu Utara juga kita siagakan. Kami sementara melakukan assesment, untuk penanganan secara maksimal,” kata Subhan.

Subhan menuturkan, selain langkah koordinasi dan penanganan evakuasi bekerjasama dengan pemerintah dan aparat setempat, Ketua PMI Sulsel Ichsan Yasin Limpo juga setiap saat mengecek penanganan korban bencana untuk memastikan relawan bergerak cepat, sekaligus mengantisipasi jatuhnya korban lain.

Sekadar diketahui, bencana longsor yang menimpa Desa Maliwowo Luwu Timur, selain dilaporkan menewaskan tujuh warga setempat, juga berdampak pada akses jalan nasional Soroako-Makassar ikut terputus. (*)


BACA JUGA