PKB Sulsel Helat Musabaqah Kitab Kuning, Ini Juaranya

Sabtu, 20 Mei 2017 | 20:51 Wita - Editor: adyn -

PINRANG, GoSulsel.com – Lomba Musabaqah Kitab Kuning (MKK) yang digelar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulsel melalui Garda Bangsa sukses diadakan di Pondok Pesantren Ittihadu Usroti Wal Jamaah DDI Lerang-Lerang Kabupaten Pinrang.

Hasil dari perlombaan MKK, menempatkan santri dari Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kabupaten Barru, Pondok Pesantren DDI Lerang-lerang Pinrang, Pondok Pesantren Lilbanat Pare-Pare,serta Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang Wajo, sebagai pemenang untuk keseluruhan kategori Kitab Kuning Ihya Ulumuddin karya Imam al-Ghazali dan kitab Alfiyah Ibn Malik, putera dan puteri.

pt-vale-indonesia

Ketua DPC PKB Pinrang, Alimuddin Budung turut menutup acara MKK yang diikuti puluhan santri Se-Sulsel tersebut. Dalam penyampaianya, juga mendoakan seluruh finalis dan seluruh peserta bisa mengikuti jejak para ulama, yang bisa mengaplikasikan ilmu-ilmu yang dijabarkan di kitab kuning dalam kehidupan masyarakat dan mengetengahkan ummat yang moderat. “Semoga makin banyak santri yang makin sukses dan jadi pemimpin besar,” ucapnya. Minggu (20/5/2017).

Pengasuh Pondok Pesantren Ittihadu Usroti Wal Jamaah DDI Lerang-Lerang, AGH KH Yunus Samad, menyampaikan kalangan santri, kiai, pesantren dan masyarakat menyambut baik ajang perlombaan khas pesantren ini. Hal itu terlihat dari antusiasme peserta yang ikut berkompetisi dalam kegiatan tersebut sejak dimulainya hingga penutupan acara.

“Negara sedang mengalami tantangan, banyaknya organisasi yang merongrong negara, pesantren akan tegas menjaga Islam ahlu sunnah wal jamah paham moderat, demi menjaga keutuhan negara,” katanya.

Ketua DKW Garda Bangsa Sulsel, Zulfikar Limolang menyampaikan tujuan MKK dalam menjaga dan melestarikan tradisi kajian kitab kuning yang telah lama mengakar kuat di pesantren, di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

“MKK bisa mengukuhkan kembali kesadaran generasi muda tentang pentingnya Kitab Kuning sebagai Khazanah Ilmu Pengetahuan Islam dan Pesanatren,” tandasnya.

MKK yang digelar kali kedua ini telah mengalami peningkatan jumlah peserta dan pesantren. Kegiatan yang dihelat dua hari tersebut, mengundang sejumlah dewan juri dari kalangan ulama dan kiai.

Berikut Daftar Pemenang Musabakah Kitab Kuning,

Kitab Alfiyah Ibnu Malik :
Putera
Juara 1 (Ahmad  Faiz), Pondok Pesantren DDI Lerang-lerang Pinrang
Juara 2 (Farid Wajdi), Pondok Pesantren Darul Muttaqin Maros
Juara 3 (Edi), Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang Wajo

Puteri
Juara 1 (Rustiyahningsih), Pondok Pesantren lilbanat Pare-Pare
Juara 2 (Nurul Izmi), Pondok Pesantren lilabanat Pare-Pare
Juara 3 (Sitti Fatimah), Pondok Pesantren DDI lerang-lerang

Kitab Ihya Ulumuddin :
Putera
Juara 1(Rusdiyansyah), Pondok Pesantren DDI Mangkoso Barru
Juara 2 (Khaerul Ahkam), Pondok Pesantren Ulul Albab Kota Makassar
Juara 3 (Muhammad Irfan), Pondok Pesantren Darul Muttaqin Maros

Puteri
Juara 1 (Nurfadhillah Iskandar), Pondok pesantren  As’adiyah Sengkang
Juara 2 (Nur Admi), Pondok pesantren DDI Lerang-lerang 
Juara 3 (Nur Hikmah), Pondok pesantren DDI Lerang-lerang


BACA JUGA