Menengok Rumah Sehat di Desa Panakkukang

Senin, 22 Mei 2017 | 16:38 Wita - Editor: Syamsuddin -

Gowa, GoSulsel.com – Desa Panakkukang, Kecamatan Pallangga mewakili Kabupaten Gowa ikut dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulsel 2017, Senin (22/5/2017). Salah satu yang masuk dalam penilaian lomba tersebut adalah rumah sehat.

Rumah sehat adalah bangunan tempat berlindung dan beristirahat serta sebagai sarana pembinaan keluarga yang menumbuhkan kehidupan sehat secara fisik, mental dan sosial, sehingga seluruh anggota keluarga dapat bekerja secara produktif. Setidaknya, ada empat rumah warga yang ditunjuk menjadi rumah sehat ikut dalam lomba desa.

pt-vale-indonesia

Salah satu pemilik rumah, Asnawi Malik (45) mengaku senang rumahnya menjadi objek penilaian rumah sehat. Rumahnya terpilih karena dinilai memenuhi komponen rumah sehat. Yakni, komponen rumah yang meliputi langit-langit, dinding, lantai, ventilasi, sarana pembuangan asap dapur dan pencahayaan.

Kelompok sarana sanitasi yang meliputi sarana air bersih, pembuangan kotoran, pembuangan air limbah, sarana tempat pembuangan sampah. Dan, kelompok perilaku penghuni dimana meliputi membuka jendela ruangan dirumah, membersihkan rumah dan halaman, membuang tinja ke jamban dan membuang sampah pada tempat sampah.

“Ada empat rumah yang dijadikan peserta lomba rumah sehat. Salah satunya rumah saya yang masuk kriteria yang ditunjuk langsung sama Ibu PKK Gowa dan Ibu Camat Pallangga,” kata Asnawi Malik.

Dia mengatakan dirinya sudah mempersiapkan segalanya untuk mengikuti lomba tersebut. Tanaman Obat Keluarga (Toga) pemberian pemerintah kecamatan setempat sudah menghiasi halaman rumahnya.

“Saya sudah merombak penataan ruang kamar dan dapur dengan diperluas agar tidak terlihat sumpek. Saya yakin Desa Panakkukang menjadi pemenang lomba desa tahun ini,” ucapnya.

“Jika juara, rumah saya bisa menjadi inspirasi rumah sehat bagi warga Desa Panakkukang,” tambahnya.(*)


BACA JUGA