ilustrasi KPU Sulsel

KPU Target Partisipasi Pemilih Pilgub Sulsel 78 %

Rabu, 26 Juli 2017 | 11:05 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Partisipasi pemilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 menjadi salah satu fokus dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel. Secara nasional KPU telah menargetkan partisipasi pemilih di Pilkada serentak sekitar 77,5 %.
Khusus untuk Pilgub Sulsel 2018, yang merupakan pemilihan langsung ketiga untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur. KPU Sulsel berharap partisipasi pemilih mencapai 78 persen.
“Tantangan terbesar kita dalam pilgub 2018 nanti adalah bagaimana partisipasi pemilih meningkat. Dua pilgub yang lalu turun, ini kalau turun lagi kurang bagus untuk perkembangan demokrasi di Sulsel,” kata Ketua KPU Sulsel, Igbal Latif.
Menurut data KPU partisipasi pemilih di Pilgub tahun 2008 mencapai 72 persen. Kemudian di Pilgub tahun 2013 mengalami penurunan menjadi 70 persen.
Dengan pelaksanaan Pilgub yang bersamaan dengan Pilkada di 12 kabupaten/kota. KPU berharap partisipasi masyarakat yang sudah memasuki masa wajib pilih bisa meningkat.
Selain itu, KPU akan melakukan sosialisasi lebih intensif dan maksimal lagi. Saat ini, KPU tengah melakukan sayembara maskot dan jingle Pilgub 2018. Rencananya awal bulan Agustus sudah bisa diumumkan hasilnya.
“Kita akan lakukan mapping. yang paling besar adalah pemilih pemula kita. Dengan melibatkan lembaga pendidikan, organisasi mahasiswa dan siswa serta komunitas yang lain,”jelasnya. (*)


BACA JUGA