Pemkab Toraja Utara Bantu Rp3 Miliar Untuk Perumahan Swadaya

Kamis, 03 Agustus 2017 | 12:41 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Citizen Reporter

Toraja Utara, GoSulsel.com – Bupati Toraja Utara, Drs Kalatiku Paembonan, M. Si menghadiri kegiatan Serah Terima Buku Tabungan (Serbutab) bantuan Stimulan Perumahan Swadaya tahun anggaran 2017.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Toraja Utara ini bertempat di ruang pola kantor Bupati Toraja Utara, bermaksud untuk memberikan pengarahan kepada penerima bantuan BSPS sekaligus menyerahkan buku tabungan.

pt-vale-indonesia

Selain Bupati Toraja Utara, turut serta hadir dalam kegiatan ini, PLH Sekda Torut Drs Rede Roni Bare, M. Pd, kepala BRI Cab Toraja Utara, Asisten III Dra. Hetty Maria G Dalopis, M. Si, staf ahli, koord vasilitator propinsi & kabupaten, Camat lembang lingkup Torut, serta penerima bantuan BSPS.

Ir. Eduard Limban, M. Si selaku Kadis Perumahan, kawasan pemukiman dan pertanahan menyampaikan dalam sambutannya bahwa bantuan ini sebanyak Rp3 miliar dibagi ke beberapa kelurahan.

“Di kabupaten Toraja Utara, kurang lebih rumah yang tidak layak huni sebanyak 23.628 rumah dan dalam kurun waktu 3 tahun ini, dari pemerintah telah memberikan bantuan sebanyak 700 rumah. Setiap penerima bantuan, wajib memberikan laporan saat menerima bantuan. Total dana untuk bantuan ini sebanyak Rp3 Miliar, dimana dibagi dalam Rp750 juta untuk Kelurahan Lembang di Toraja Utara (Torut), 250 unit rumah, di antaranya Kelurahan Tampo, Tallunglipu 50 unit atau 750 juta, Kelurahan Tikala Rp750 juta, Kelurahan Pasang Rp750 juta, Buntu Tallunglipu Rp750 juta, Lembang Suloara Rp750 juta. Penyaluran bahan dan dana dilakukan 2 kali,” sebut Eduard Limban.

Sementara itu, Kalatiku Paembonan dalam arahannya menyampaikan bahwa bantuan ini harus disyukuri baik pemerintah maupun masyarakat, tentunya program yang mensejahterakan rakyat perlu ditingkatkan.

“Pemerintah dan masyarakat sangat bersyukur dengan adanya program bantuan seperti ini. Harapan dari seriap warga secara bertahap mulai direalisasikan. Program seperti ini akan kita tingkatkan lagi. Yang membedakan tiap-tiap kota propinsi adalah inisiatif antar aparat untuk berhubungan atau menjalin kerjasama dengan departemen terkait di pusat.menjalin kerjasama dengan pemerintah pusat sangat baik, karena bisa membantu juga dalam merealisasikan program kerja kita. Saya berharap, bantuan perumahan yang di berikan ini, benar-benar di terima oleh mereka yang berhak. Mari kita manfaatkan secara baik, apa yang di terima ini. Jalin hubungan yang baik dengan pihak-pihak terkait dalam proses pembangunan rumah bantuan,” ucap Kalatiku Paembonan.

Dalam kegiatan ini juga, Bupati Toraja Utara menyerahkan secara simbolis buku Tabungan BSPS kepada penerima bantuan, serta pelepasan bahan bangunan. (*)


BACA JUGA