KNPI Makassar Gali Kreatifitas di Surabaya

Minggu, 06 Agustus 2017 | 18:24 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Surabaya, Gosulsel.com — Rombongan Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar mengadakan kunjungan Studi Banding di Kota Surabaya dengan menumpang Kapal Laut Dobonsolo, Jum’at (5/8/2017).

Agenda studi kreatifitas tersebut merupakan salah satu program kerja DPD KNPI Kota Makassar masa bakti 2014-2017 yang dihelat menjelang musyawarah daerah KNPI Kota Makassar akhir Agustus 2017 nanti. 

Keberangkatan rombongan pemuda Makassar dengan menggunakan kapal laut menuju Kota Surabaya berjumlah 70 orang yang terdiri dari pengurus KNPI Makassar dan KNPI Kecamatan Se-Kota Makassar.

Selain dijamu oleh pemuda Surabaya yang tergabung dalam KNPI Kota Surabaya, juga diagendakan silaturahmi dengan KNPI Jawa Timur dan KNPI Sidoarjo.

Pemuda Makassar melakukan perjalanan dalam rangka bertukar informasi dan pengalaman terkait pengelolaan organisasi kepemudaan serta kreatifitas pemuda di Surabaya dan Sidoarjo. 

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua KNPI Kota Makassar Arman hingga Rabu 9 agustus 2017, selain bertemu dengan unsur pemuda juga diagendakan berdialog dengan Pemerintahan Kota Surabaya dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Diketahui, hubungan KNPI Makassar dan KNPI Sidoarjo sudah terjalin sejak 2015, bahkan keduanya terikat dengan nota kesepahaman antara KNPI Makassar, KNPI Sidoarjo dan KNPI Solo terkait Pengembangan Kreatifitas Pemuda yang ditandatangani di kota Solo beberapa waktu lalu. 

“Kegiatan studi kreatifitas ini ke Surabaya dan Sidoarjo merupakan komitmen DPD KNPI Kota Makassar dalam merealisasikan program kerja, sekaligus menjadi ajang pengembangan wawasan bagi kepengurusan KNPI Makassar pada periode 2014-2017. Dan juga dalam rangka menindaklanjuti mou pengembangan kreatifitas pemuda dengan KNPI Sidoarjo dan bagaimana merekatkan jiwa nasionalisme antar anak bangsa (Surabaya adalah kota Pahlawan), dan kami berharap bisa bermanfaat saat kembali ke Kota Makassar,” ungkap Ketua KNPI Makassar Arman Mannahawu.

Perjalanan selama beberapa hari di Pulau Jawa telah dijadwalkan beberapa agenda di antaranya silaturahmi pemuda dan pemerintahan di Surabaya dan Sidoarjo, di antaranya ziarah kubur ke makam Sunan Ampel dan Bung Tomo (paduan pandangan religi dan nasionalisme), kunjungan di sentra industri ekonomi kreatif, kunjungan ke industri pupuk kompos dan beberapa tempat wisata Kota Surabaya dan Sidoarjo.

“Insya Allah Hasil Study Banding tersebut akan kami Rangkumkan dlm bentuk karya ilmiah untuk dijadikan sebagai referensi bagi pemuda dikota Makassar, serta kami juga akan melaporkan hasil kunjungan kami ke Pemerintah Kota Makassar dalam bentuk rekomendasi,” tutup Irwan Ade Saputra Sekretaris KNPI Makassar.(*)


BACA JUGA