Dinkes Sinjai Masuk 3 Besar Tenaga Kesehatan Teladan Nasional

Rabu, 16 Agustus 2017 | 11:16 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Sinjai,GoSulsel.com – 2 Petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai berhasil masuk tiga besar dalam ajang penilaian tenaga kesehatan teladan tingkat nasional yang dihelat pihak Kementrian Kesehatan.

Salah satunya Dr Andi Muhammad Akram Kastiran, seorang dokter yang sehari-sehari bekerja di Puskesmas Kampala, Kecamatan Sinjai Timur. Ia terpilih tiga besar nasional kategori dokter setelah sebelumnya meraih prestasi teladan 1 tingkat Provinsi Sulsel.

Di hadapan dewan juri, di Hotel Sahid Jakarta, Akram Kastiran tampil mempresentasikan inovasinya yakni Komunitas Sayang Jantung (Kita Sayang), sebagai inovasi yang efektif dalam promotif dan preventif terhadap penanganan penyakit jantung coroner di Sinjai.

Diketahui, Kementrian Kesehatan telah melakukan penilaian tenaga kesehatan teladan di Puskesmas tingkat nasional untuk 9 kategori yaitu dokter, dokter gigi, perawat, bidan, laboran, kesehatan masyarakat, kefarmasian, kesehatan lingkungan, tenaga gizi.

Selain kategori dokter, tenaga Dinkes Sinjai lainnya yakni Maemunah Noer, SKM juga berhasil masuk tiga besar tingkat nasional kategori laboran. Maemanah mengusung inovasi “Pentingnya pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi secara dini adanya kelainan pada ibu hamil melalui model pemeriksaan di luar gedung”.

Maemunah merupakan tenaga laboran di Puskesmas Samaenre, Kecamatan Sinjai Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, Dr. Suriyanto Asapa mengaku bangga atas capaian kedua petugasnya.

“Saya bangga, ini keberhasilan yang tentu tidak mudah, masuk tiga besar dengan menyisihkan tenaga kesehatan teladan dari 34 provinsi di Indonesia,” kata Andi Suriyanto Asapa, yang juga ikut mendampingi tenaga Dinkes Sinjai saat mengikuti penilaian di Hotel Sahid Jakarta.

Rencananya, tenaga kesehatan teladan terbaik nasional yang telah ditetapkan Kementrian Kesehatan termasuk Akram Kastiran dan Maemunah akan diundang mengahadiri upacara peringatan detik-detik proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke-72 dan malam ramah tamah di Istana Negara, hari Kamis (17/08/2017) mendatang.*


BACA JUGA