Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) memberikan kuliah umum dan pelepasan mahasiswa magang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Makassar, Senin pagi (31/7/2017).

Di Bawah Komando ‘Komandan’, Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Jadi Rujukan Nasional

Kamis, 17 Agustus 2017 | 19:56 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com — Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengapresiasi pembangunan Sulawesi Selatan di bawah kendali kepemimpinan Gubernur Syahrul Yasin Limpo (SYL). Apresiasi tersebut dikatakan saat sidang tahunan yang dihadiri eksekutif dan legislatif.

Zulkifli menjadikan Sulsel sebagai rujukan daerah maju, khususnya dalam sektor ekonomi. Menurutnya pertumbuhan ekonomi Sulsel terbaik di Indonesia.

pt-vale-indonesia

Menanggapi hal tersebut, pengamat pemerintahan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Andi Luhur Priyanto menilai bahwa apresiasi tersebut sangat layak. Alasannya, lantaran secara objektif, tingkat pertumbuhan ekonomi Sulsel memang di atas rata – rata nasional. Dia mengatakan, hal ini tidak terlepas dari kepemimpinan ‘Komandan’ Syahrul Yasin Limpo.

“Kepemimpinan SYL berhasil dari sisi pertumbuhan, walau angka kesenjangan juga sebenarnya masih cukup tinggi,” kata Luhur saat dikonfirmasi Gosulsel.com, pada Kamis (18/8/2017).

Sejauh ini, katanya, dua periode kepemimpinan SYL mungkin dianggap mampu menciptakan iklim yang menunjang tumbuh kembangnya ekonomi kerakyatan. Atau setidaknya berhasil menghalau geliat ekonomi berbasis konglomerasi.

Meski begitu, dia mengatakan apresiasi ini tidak boleh membuat Pemprov Sulsel cepat berpuas diri, untuk beberapa saat ke depan ancaman konglomerasi dan tergerusnya ekonomi kerakyatan sudah di depan mata. Khususnya bisnis retail modern kini sudah masuk di desa – desa.

“Tantangan besar untuk kepemimpinan pasca SYL, ekonomi yang berbasis Konglomerasi, yang tidak padat karya mesti dikendalikan,” ucapnya.(*)


BACA JUGA