Dinas Ketahanan Pangan Makassar Sidak Lotte Mart

Senin, 28 Agustus 2017 | 18:01 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Operasi pasar terpadu digelar Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar di sejumlah pasar modern dan pasar tradisional di wilayah kota Makassar, Senin (28/08/2017).

SKPD lingkup pemerintah Kota Makassar yang ikut terlibat dalam operasi pasar tersebut di antaranya dari Dinas kesehatan, Dinas Perikanan dan pertanian, Dinas Perdagangan, dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

pt-vale-indonesia

Tim tersebut memantau keamanan bahan bahan pangan dan stabilitas harga pangan menjelang Hari Raya  idul adha 1438 H, yang jatuh pada tanggal 1 September 2017.

Kabid keamanan pangan Ir.Budi Susilo.MM selaku ketua tim terpadu mengatakan bahwa kegiatan operasional tim terpadu ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap bulan, apalagi menjelang Hari Raya dengan melibatkan beberapa instansi terkait yang masuk dalam tim terpadu

“Kita turun ke pasar-pasar untuk memeriksa dan memastikan pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat bebas dari kandungan bahan berbahaya seperti pestisida, atau bahan pengawet yang bisa merusak kesehatan,” ucapnya. 

Tim memantau Pasar Terong dan Lotte Mart Alauddin. Di kedua pasar tersebut, tim operasional terpadu dan pengendalian keamanan pangan mengambil dan memeriksa beberapa sampel sayuran dan buah-buahan, kemudian dilakukan tes di tempat (Rapid Test) agar diketahui apakah sayur dan buah-buahan yang dijual mempunyai kandungan pestisida.

“Dari hasil uji sampel pada selada Bayam, Semangka dan  Melon yang menggunakan Rapid Test ( test cepat) di pasar terong dan Lotte Mart Alauddin, kami tidak menemukan adanya kandungan pestisida pada sayuran dan buahan yang dijadikan sampel,” tukas Susilo.(*)