None Pastikan Tunjangan Guru Naik

Senin, 04 September 2017 | 19:42 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Gaji guru dipastikan akan mengalami kenaikan di tahun 2018 mendatang. Hal ini berdasarkan usulan pemerintah untuk Tunjangan Profesi Guru (TPG) di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 mengalami kenaikan.
 
Pemerintah mengusulkan pos anggaran TPG sebesar Rp 79,6 triliun di RAPBN 2018, sementara tahun ini dianggarkan sekitar Rp 75,2 triliun. Angka tahun depan ini mengalami kenaikan 6 persen disbanding tahun 2017.
 
Nantinya anggaran ini dialokasikan melalui Dana Transfer Daerah yaitu sebesar Rp58,3 triliun atau naik dari alokasi tahun ini, Rp52,8 triliun. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi 3,9 juta PNS Daerah.
 
Terkait hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengakui kenaikan TPG ini lebih disebabkan adanya penambahan guru, terutama guru di garda terdepan atau daerah terpencil, terdalam dan terluar.
 
“Ada skneraio dari kementerian untuk mengefektifkan tunjangan guru terkait peningkatan kompetensi. Salah satu faktor penting dalam efektivitas pendidikan adalah kualitas guru,” katanya, Senin (04/09/2017).
 
Lebih jauh, None -panggilan akrab Irman Yasin Limpo menjelaskan saat menjadi narasumber di BPK beberapa waktu lalu. Dirinya meminta pemberian tunjangan profesi bagi guru harus menyesuaikan beban kerja.
 
“Kalau tunjangan profesi harusnya memperhatikan jam kerja guru. Berbeda kalau tunjangan kesejahteraan dan jabatan, besarannya pasti sama,” jelasnya.(*)