Pertumbuhan Ekonomi Bisa 7,5%, Asalkan Pemprov Lakukan Ini

Rabu, 27 September 2017 | 16:08 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Bank Indonesia meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan meningkatkan serapan anggaran. Hal ini untuk memacu pertumbuhan ekonomi daerah yang sampai semester satu kemrain berada di 6,63 persen.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sulsel Bambang Kusmiarso mengatakan pertumbuhan ekonomi Sulsel bisa mengalami peningkatan jika belanja dari sektor pemerintahan juga naik.

“Kami sudah melakukan assessment terhadap pertumbuhan ekonomi, perkiraan kami pertumbuhan di triwulan III tahun 2017 itu berada dikisaran 7,3-7,7 persen,” katanya, sesuai melaporkan pertumbuhan ekonomi Sulsel ke Gubernur Sulsel, Rabu 27 September.

Berdasarkan pengamatan BI, belanja pemerintah memang tertahan untuk di triwulan I dan II. Dan akan mengalami peningkatan di triwulan III dan IV, hal ini sudah menjadi pola umum setiap tahunnya.

Selain, belanja pemerintah hal lain yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi menurut Joko adalah konsumsi masyarakat atau swasta, investasi dan kegiatan ekspor-impor.

Dalam waktu dekat ini, BI akan melakukan pertemuan khusus yang digelar dalam bentuk ekskutif meeting. Hal ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di akhir tahun.

“Kami sudah mulai menyiapkan draft yang akan disampaikan. Yang penting apa yang kita lakukan adalah koordinasi dan pertukaran data dan informasi. Untuk waktu pelaksanaan masih dikoordinasikan dengan pemprov,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA