Ternyata Pusat Kabel Laut KTI Ada di Pesisir Takalar

Selasa, 03 Oktober 2017 | 20:51 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Takalar, GoSulsel.com– PT Telkom Indonesia telah membangun 8772 km kabel fiber optik yang menghubungkan seluruh pulau-pulau yang ada di Kawasan Timur Indonesia (KTI), pembangunan ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

Sebagai pusat dari kabel optik ini, PT Telkom membangun Telkom Landing Station Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) di pesisir pantai tepatnya di Desa Kaluku Bodo Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar.

Diatas lahan setengah hektare ini, dibangun gedung sebagai pusat kontrol kabel-kabel fiber yang menjadi sarana Telekomunikasi yang menyambungkan KTI dengan Indonesia bagian barat bahkan dunia.

Kepala Kantor Telkom Regional VII, Aris Wicahyanto mengatakan objek ini sangat vital karena menjadi pintu komunikasi bagi Indonesia Timur. Jika terjadi kerusakan di area ini, maka jaringan internet dan telepon di KTI akan terganggu.

“Kabel optik merupakan simpul yang menuju kota-kota dan negara lain. Indonesia sudah membangun kabel optik dari Manado ke Amerika sampai 100 gigabitel persekon kapasitas 20 tera. Di sini juga menjadi titik poinnya,” katanya saat memberikan paparan ke Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang mengunjungi lokasi SKKL Kaluku Bodo, Selasa (3/10/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Aris menyebutkan berkat adanya kabel fiber optik bawah laut. Masyarakat Papua bisa merasakan akses komunikasi yang sama dengan masyarakat Indonesia lainnya. (*)


BACA JUGA