Bupati Pinrang Serahkan 30 Unit Combine untuk Pertanian

Senin, 09 Oktober 2017 | 10:27 Wita - Editor: Baharuddin -

Pinrang,GoSulsel.com – Untuk meningkatkan produksi pertanian, di Pinrang, Bupati Aslam Patonangi membagikan sebanyak 30 unit Combine. Mesin panen ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Bupati Pinrang Aslam Patonangi menyerahkan secara simbolis kepada 8 Brigade yang tergabung dalam Unit Pelayanan Jasa Alsin (UPJA) yang mewakili seluruh kecamatan.

Penyerahan Combine dilakukan ditengah pelaksanaan Pelatihan Pendayagunaan Alat dan Mesin (Alsin) Pasca Panen di Kantor Dinas Pertanian dan Holtikultura
Pinrang, Rabu (26/7). disaksikan Pelaksana tugas harian Kadis Pertanian dan Holti Andi Calo Kerrang dan Staf Ahlinya Yohannes Sampebua.

Bupati Pinrang Aslam Patonangi, mengatakan, Pinrang saat ini masih diberi amanah sebagai salah satu daerah di Sulsel sebagai penyanggah pangan nasional, sehingga pemerintah pusat menilai Pinrang layak terus diberi bantuan untuk menggenjot produksi pangan.

“Saat ini 54 ribu Ha lahan pertanian yang membentang di Pinrang hasilnya bisa mencapai 400 ribu ton lebih gabah atau 200 ribu ton lebih beras, bisa dibayangkan
kebutuhan beras berlimpah untuk Pinrang sendiri sehingga beras Pinrang banyak dipasok ke Provinsi lain,” katanya.

Bantuan Combine diharapkan dapat bermanfaat untuk petani, begitupun pengelolahnya melalui Brigade bisa mengakomodir seluruh petani di Pinrang.

Plh Kadis Pertanian dan Holti Pinrang Andi Tjalo Kerrang, mengatakan saat ini telah dilatih operator Combine pesertanya 70 orang selama dua hari dan akan melakukan Praktek lapang di Desa Sikkuale, dari sejumlah unit Combine yang diserahkan terdapat mesin panen jagung dan
traktor dampak alat tanaman.(*)

Kontributor: Thamrin/GoSulsel.com


BACA JUGA