Deng Ical Sebut Kekuatan Makassar Ada Pada Budaya Lokalnya

Senin, 09 Oktober 2017 | 19:48 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, GoSulsel.com – Wakil Wali kota Makassar Dr Syamsu Rizal MI, ungkap kekuatan Makassar. Menurutnya kekuatan Makassar ada pada budaya lokal sipakatau, sipakalebbi dan sipakainge
Sehingga kata dia, jika budaya tersebut tidak ada lagi dalam diri kita, maka sudah pasti akan membuat Makassar kehilangan jati diri.
“Karena dahulu itu Makassar dikenal sebagai kota serambi madinah, bukan karena banyak Masjid dan pesantrennya tetapi karena memang kultur agama Islam dan budayanya yang menjadi penopang Makassar, sehingga harus dijaga dengan baik,” kata Deng Ical, pada saat membuka perlombaan Tadarus dan Kasidah tingkat Kecamatan Tallo, Kelurahan Rappokalling,  Senin (9/10).
Pria berlatar pendidikan kebijakan publik ini mengungkapkan tingginya partisipasi masyarakat dalam membangun dan memakmurkan Masjid,  yang juga berfungsi sebagai tameng ketahanan sosial di kota Makassar.
 “Dari jumlah 1.712 masjid yang ada di Kota Makassar, hingga kini tidak ada satupun masjid yang dibangun 100 persen oleh pemerintah, tapi semuanya dibangun karena swadaya masyarakat. Dan hal ini sangat disyukuri karena menjadi salah satu indikator masih tingginya tingkat saling peduli,” ujarnya.
Masjid menjadi salah satu wadah bagi masyarakat Makassar untuk tetap mempertakankan ketahanan sosial. Jika melihat tingkat kesenjangan sosial yang memasuki rasio 0,42 persen.
“Keberadaan dan kemakmuran Masjid,  diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif memperkuat ketahanan sosial,” ujarnya.
Sementara, Ketua panitia, Hj Mahdam mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk menanamkan pribadi Qur’ani pada diri anak-anak untuk menuju generasi masa depan.(*)


BACA JUGA