Puluhan Anak Berkebutuhan Khusus Turut Rayakan Sumpah Pemuda

Minggu, 29 Oktober 2017 | 12:04 Wita - Editor: Irfan Wahab -

Makassar, GoSulsel.com – Masih dengan suasana sumpah pemuda yang jatuh Jumat (28/10/2017), puluhan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang diinisiasi oleh Klub Belajar Sipatokkong, melakukan upacara pagi tadi, Minggu (29/10/2017) di halaman TK Kharisma, Jalan Baji Ateka No 16, Makassar.

ABK yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari autisma, down sindrom, global delay, celebral palsy dan ADHD.

Kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan Hari Sumpah Pemuda kepada ABK ini dirangkaikan dengan Festival Pelangi Nusantara. 50 ABK dengan menggunakan busana adat tradisional dari berbagai daerah di Indonesia melakukan fashion show didampingi oleh walinya masing-masing.

Tak hanya itu, ada juga penampilan dari ABK binaan klub belajar Sipatokkong yang menampilkan persembahan hiburan seperti menyanyi, menari, baca puisi dan memainkan alat musik. Masing-masing mereka didampingi oleh relawan terapisnya.

Klub Belajar Sipatokkong yang terdiri dari 25 relawan dari berbagai kalangan seperti dosen, mahasiswa dan masyarakat umum. Andi Fitriani salah satu relawan mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dalam rangka memperkenalkan peringatan hari-hari besar kepada ABK. Setiap relawan memiliki masing-masing satu anak dampingan.

“Kegiatan ini sangat baik bagi perkembangan anak-anak, khususnya ABK yang memang spesial. Saya harap dengan seringnya diadakan kegiatan seprti ini, tumbuh kembang anak-anak akan lebih baik. Setidaknya akan membuat mereka lebih mandiri.” Harap Andi Rahmatullah salah satu orang tua dari murid ABK. (*)

Reporter Magang: Suterayani Suparmin/GoSulsel.com