Adnan: “Abdi Merah Putih Siap Memegang Estafet Kepemimpinan”

Senin, 30 Oktober 2017 | 18:20 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Citizen Reporter

GOWA, Gosulsel.com – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengungkapkan kebanggaannya pada organisasi pemuda Abdi Merah Putih (AMP), bahkan Adnan menilai kader AMP akan menjadi penerus tongkat kepemimpinan di Kabupaten Gowa, kelak.

Bupati termuda di Indonesia Timur itu mengutarakan hal itu saat memberi sambutan pada pelantikan Abdi Merah Putih Kabupaten Gowa, Senin (30/10/2017) di Gedung Haji Bate. 

“Jika ingin melihat masa depan suatu bangsa, masa depan suatu daerah maka lihatlah pemudanya. Saya bangga, karena pemuda di Gowa melalui Abdi Merah Putih siap memegang estafet kepemimpinan,” kata Adnan disambut tepuk tangan riuh oleh pengurus dan kader AMP yang hadir.

Pelantikan pengurus AMP, dua hari setelah Hari Sumpah Pemuda, kata bupati termuda di Indonesia Timur ini, sangat tepat karena masih dalam nuansa Sumpah Pemuda. “Jadikan momentum Sumpah Pemuda untuk meningkatkan nasionalisme. Tidak boleh lagi ada perdebatan tentang Indonesia, tidak boleh ada perdebatan tentang Pancasila,” ungkapnya.

Pancasila, menurut mantan anggota DPRD Sulsel ini, adalah ideologi bangsa yang tak boleh lagi ada tawar menawar. Ia percaya, AMP sebagai lembaga kaderisasi pemuda bisa melahirkan pemuda-pemuda yang berkarakter dan memiliki nasionalisme yang tinggi.

Penggagas dan pendiri Abdi Merah Putih, Ichsan Yasin Limpo sendiri, banyak bercerita soal cita-cita yang ingin dibangun dari pendirian organisasi tersebut. Salah satunya adalah menghadirkan pemuda dengan karakter yang kuat dan pemuda yang siap melanjutkan estafet kepemimpinan di Indonesia.

Ia juga memesankan prinsip-prinsip hidup yang mesti ditekankan oleh setiap kader dan pengurus AMP. “Tanamkan prinsip 3 K. Kemampuan, komitmen dan konsisten,” ujarnya. 

Seorang pemimpin, kata Punggawa (nama yang biasa disematkan untuk Ichsan Yasin Limpo), harus memiliki kemampuan, komitmen dan konsistensi. Jika tidak memiliki hal itu, maka orang tersebut, menurutnya, tidak pantas menjadi pemimpin.

Dalam pelantikan itu ikut hadir, Ketua Pengurus Besar Abdi Merah Putih, Ian Latanro, Ketua DPRD Gowa, Anzar Zaenal Bate, Sekretaris Daerah Gowa, Muchlis dan beberapa pejabat di lingkup Pemkab Gowa. (*)


BACA JUGA