Bupati Gowa Jadi Inspektur Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-89

Senin, 30 Oktober 2017 | 15:01 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa,GoSulsel.com – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di halaman Kantor Bupati Gowa. Senin (30/10/2017).
 
Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ini dihadiri oleh seluruh Pemerintah Kabupaten Gowa beserta jajaran Muspida Kabupaten Gowa, Para Pimpinan SKPD Pemkab Gowa, Para Aparatur Sipil Negara (ASN) Organisasi Kepemudaan dan perwakilan pelajar tingkat SMP dan SMA se- Kabupaten Gowa.
 
Berdasarkan Sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang dibacakan oleh Adnan, bahwa 89 tahun lalu tepatnya tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul disebuah gedung di jalan Kramat Raya, daerah Kwitang, Jakarta, Mereka mengikrarkan diri sebagai Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa.
 
“Sumpah pemuda yang dibacakan diarena kongres ke-2 dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah, yang jika kita membaca dokumen sejarah kongres pemuda ke-2, kita akan menemukan daftar panitia dan peserta kongres, yang berasal dari pulau-pulau terjauh indonesia yang secara imaginatif sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah,” ungkapnya.
 
Bupati Adnan menambahkan, sebagai generasi penerus patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan sumpah pemuda, Langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas patut kita teladani.
 
“Karena era saat ini sarana dan prasarana yang sangat mudah justru lebih sering berselisih paham, mudah sekali memvonis orang, mudah terpecah belah, saling mengutuk serta menebar fitnah,” tutur Adnan dihadapan peserta upacara.
 
Lebih lanjut Bupati Adnan menitipkan pesan, bagi pemuda-pemudi harus mempersiapkan diri menghadapi era globalisasi dan tekhnologi zaman ini.
 
“Mereka harus mempersiapkan diri dengan ilmu, mental, serta ide-ide yang dapat memberikan sumbangsi yang bermanfaat bagi Bangsanya terkhusus bagi daerahnya,” pesannya kepada semua pemuda/pemudi Gowa.
 
Pada kesempatan ini pula Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memberikan piagam penghargaan kepada Tiga Pemuda Kabupaten Gowa yang berprestasi tahun 2017.(*)

pt-vale-indonesia


BACA JUGA