Muh Arafah, Kepala Bidang Pelayaran Dishub Sulsel

Dishub Sulsel Harap Pelabuhan Makassar Jadi Pangkalan Tol Laut 

Selasa, 31 Oktober 2017 | 11:57 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Idayanti - Gosulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel berharap pelabuhan Makassar yang saat ini merupakan jalur tol laut kembali menjadi pangkalan tol laut. 

Tol laut merupakan konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh presiden Joko widodo yang bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan laut dan menciptakan lelancaran distribusi barang hingga kepelosok. 

Menurut Arafah selaku Kepala Bidang Pelayaran mengungkapkan bahwa Dishub Sulsel telah menyurati Kementian Perhubungan Bidang Kelautan bahwasahnya pelabuhan Makassar telah siap menjadi pangkalan tol laut kembali.

Saat ini pelabuhan Makassar telah memenuhi kriteria untuk kembali menjadi pangkalan tol laut.

“Muatan tol laut itu ada 18 sementara pertimbangan dan evaluasi pelabuhan makassar hanya mampu menampung 5 sampai 8 komuniti sehingga kemenhub merubah pelabuhan makassar yang awalnya merupakan pangkalan menjadi jalur tol laut,  tapi saat ini pelabuhan Makassar sudah semakin berkembang sehingga kami siap untuk kembali menjadi pangkalan tol laut,” jelasnya.

Ada beberapa kapal yang didistribusi oleh pemerintah yang diharapkan kapal-kapal itu dapat mengantar barang seperti sembakau dan angkutan penting lainnya. 

Diharapkan barang-barang yang sangat dibutuhkan oleh rakyat di pulau-pulau kecil dapat terdistribusi secara cepat khususnyan di Indonesia timur.

Tujuan lain dari adanya tol laut ini agar tidak membuat rakyat yang berada di pulau kecil tidak risau dengan harga bahan-bahan pokok yang semakin tinggi.

“Tol laut merupakan pemangkasan jarak dari pelabuhan besar ke pelabuhan besar lainnya yang berada di beberapa pulau sehingga waktu tempuh untuk mengatarkan sembakau dan barang penting lainnya semakin cepat,” tambahnya. (*)