Prakarsai Lahirnya Kampung Literasi di Gowa, Adnan Diganjar Penghargaan

Selasa, 28 November 2017 | 20:00 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL mendapat penghargaan dari Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Penghargaan itu diberikan karena memprakarsai lahirnya literasi di Gowa.  

Penghargaan tersebut diberikan pada puncak Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-52 Tahun 2017 tingkat Sulsel di Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Gowa,Selasa (20/11/2017) oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, H Abd Latief, kepada Sekkab Gowa, Muchlis yang mewakili bupati. 

Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan sebagai pemrakarsa lahirnya Kampung Literasi di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan yang sesuai dengan tema HAI.
“Membangun Budaya Literasi di Era Digital”.

Kegiatan HAI yang diikuti oleh 24 kabupaten/kota se Sulsel ini telah dilaksanakan mulai tanggal 25 November lalu Rangkaian kegiatan HAI telah dilaksanakan mulai tanggal 25 November lalu dengan berbagai kegiatan Porseni dan pameran dari seluruh kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan. 

Ucapan terima kasihpun disampaikan oleh Kepala Dinas Provinsi Sulsel, H Irman Yasin Limpo kepada Pemerintah Kabupaten Gowa yang telah menjadi tuan rumah HAI ini.

“Kita peringati Hari Aksara Internasional ini tiap tahun dan tahun ini dipusatkan di Gowa, kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gowa yang telah membackup acara ini sehingga pameran dan porseni serta seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik dan lancar,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Gowa, H Muchlis mengatakan, peringatan HAI yang dipusatkan di Gowa merupakan momentum yang baik bagi Kabupaten Gowa untuk semakin melakukan penggiatan dan capaian dalam hal literasi.

“Mudah-mudahan kita bisa lakukan percepatan dari berbagai program yang dicanangkan Pemprov Sulsel dan telah dijabarkan di seluruh kabupaten/kota, salah satunya meningkatkan budaya literasi dimana kita memiliki bahasa lisan dan tulis yang unik tidak ada kemiripan dengan negara-negara lain di dunia,” ujarnya. 

Untuk bersama-sama mewujudkan Sulsel sebagai pilar utama pembangunan, Sekda Provinsi Sulsel, H Abd Latief mengimbau hal tersebut kepada seluruh jajaran pemerintah daerah dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Sulsel.

“Momentum HAI ini sebagai upaya dalam meningkatkan aksi nyata dan keaksaraan dunia pendidikan di Sulsel dalam memajukan dunia  pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa, mari kita bersama-sama Pemprov mewujudkan Sulsel sebagai pilar utama pembangunan melalui sinergitas kebijakan pembangunan dari provinsi hingga kabupaten/kota,” pesan Abd Latief.

Turut hadir pada kegiatan ini Sekda Provinsi Sulsel yang didampingi oleh Sekda Kabupaten Gowa dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel.

Penghargaan juga diserahkan Abd Latief kepada Bupati Jeneponto atas dedikasinya terhadap pendidikan perempuan marginal dan piala bergilir Gubernur Sulsel kepada Dinas Pendidikan Kota Makassar sebagai juara umum pada peringatan HAI Ke-52 tahun tingkat Provinsi Sulsel serta berbagai penghargaan kepada 21 orang guru berprestasi se-Sulsel.(*)


BACA JUGA