Masyarakat Gowa Antusias Hadiri Maudu Adaka Ri Gowa

Jumat, 08 Desember 2017 | 19:42 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com — Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW atau biasa orang Gowa menyebutnya “Maudu Adaka ri Gowa” berlangsung di Lapangan Syekh Yusuf Discovery, Jumat (8/12/2017).

Pemerintah Kabupaten Gowa bersama dengan seluruh Masyarakat Kabupaten Gowa memperingatinya dengan sukacita.

pt-vale-indonesia

Masyarakat yang hadir di Maudu Adaka 1439 Hijriah ini di sungguhkan dua bakul raksasa yang berisikan telur hias dan berbagai hasil bumi yang masyarakat anggap sebagai berkah pada setiap peringatan ritual adat ini.

Maudu Adaka ri Gowa kali imi wujud membudayakan syiar Islam dan merupakan bentuk silaturahmi pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Gowa. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial, Syamsuddin Bidol.

“Peringatan kali ini menghadirkan Dua bakul raksasa yang berisi puluhan ribu telur dan hasil bumi lainnya yang diselipkan dalam bakul dengan melibatkan semua SKPD, Para Camat, BUMN, BUMD, Perbankan dan Organisasi Politik, Sosial dan Kemasyarakatan,” kata Syamsuddin.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momentum bersejarah bagi umat islam yang terus dilestarikan hingga saat ini.

“Tradisi ini merupakan bentuk syiar islam yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan kecintaan umat islam Kabupaten Gowa kepada Rasulullah SAW dengan mengenang kembali sejarah perjalanan hidup dan perjuangan beliau dalam menyebarkan risalah islam pada masa lampau,” kata orang nomor satu di Gowa ini.

Bupati juga menitipkan harapan kepada seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat, kiranya mampu meningkatkankecintaan kepada Muhammad SAW.

“Melalui momentum Maulid ini, saya mengharapkan seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gowa dapat meningkatkan kecintaan dan menjadikan Nabi Besar Muhammad SAW sebagai suritauladan dalam kehidupan kita hari ini dan akan datang,” harapnya.

Tak hanya itu, Kanre Maudu yang di bawa oleh setiap SKPD, Kecamatan dan Ormas, Parpol, Perbankan, dan BUMN dan BUMD ini dilombakan, dan Bupati Gowa juga menyerahkan piala kepada para pemenang.

Juara 1, 2 dan 3 untuk kategori SKPD diraih oleh Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Ketahanan Pangan, dan Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa.

Untuk Kategori Kecamatan, juara 1, 2 dan 3 diraih oleh Kecamatan Somba Opu, Parigi dan Pattalassang, sedangkan untuk kategori ormas/parpol/Perbankan/BUMN dan BUMD juara 1,2, dan 3 diraih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Holding Company, dan BRI. (*)


BACA JUGA