Laode Arumahi Ketua Bawaslu Sulsel, Foto: akun Facebook
#

Bawaslu Sulsel Terbuka Semua Elemen Pantau Verifikasi Faktual

Senin, 11 Desember 2017 | 15:44 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sulsel membuka ruang kepada semua elemen untuk memantau proses verifikasi faktual Paslon independen, baik itu partai politik, tim pasangan calon maupun organisasi masayarakat.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Bawaslu Sulsel, La Ode Arumahi saat dikonfirmasi perihal adanya parpol yang akan melakukan pengawalan proses verifikasi faktual, seperti partai pengusung Munafri Arifuddin di Pilwali Makassar dan tim pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar di Pilgub Sulsel.

“Tidak apa-apa justru bagus. Tapi hanya menyaksikan, memastikan bahwa proses verifikasi itu berjalan dengan normal,” kata La Ode saat ditanya perihal adanya Parpol yang akan mengawal verifikasi faktual, pada Senin (11/12/2017).

Dia menjelaskan, semua elemen tersebut bisa melaporkan ke Panwaslu jika menemukan kejanggalan pada saat verifikasi faktual. Akan tetapi, partai politik kapasitasnya tidak sebagai pengawas, melainkan pemantau.

“Tapi setelah dia menemukan itu, diserahkan ke Pengawas untuk diproses oleh Panwas. Kalau kebenarannya ada, maka direkomendasikan ke KPU untuk melakukan perbaikan,” ucapnya.

Teruntuk tim pasangan calon independen, menurut La Ode memang sangat penting untuk melakukan pemantauan, karena mereka juga turut mengantongi data hasil verifikasi administrasi oleh KPU.

“Justru dia (tim pasangan calon independen) yang penting mengawal dokumen. Kan dekomen (hasil verifikasi administrasi) dari KPU juga diserahkan ke mereka, ada juga yang diserahkan ke Bawaslu. Nanti itu yang akan dicocokan di Lapangan,” tuturnya.(*)

 

 


BACA JUGA