DIPA Gowa 2018 Sebesar 1,9 T: Anggaran Ini Bisa Sejahterakan Rakyat

Senin, 18 Desember 2017 | 18:57 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa,GoSulsel.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)Tahun Anggaran 2018 dan transfer ke daerah dan dana desa sebesar 1,9 Triliun kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, Senin (18/12/2017).

Jika di rinci, maka DIPA tersebut terdiri dari Pagu DIPA APBN sebesar Rp 570 Milyar lebih, selain itu ditambah dengan jumlah Alokasi dana transfer ke daerah sebesar Rp 1,3 Triliyun lebih, dima didalamnya mencakup dana desa sebesar Rp 126 Milyar lebih. 

pt-vale-indonesia

Hal ini dibuktikan dengn meningkatnya sebesar Rp 600 milyar lebih dari DIPA tahun anggaran 2017 yang hanya sebesar Rp 1,3 trilyun, dan dana desa juga meningkat sebesar Rp 26 milyar dari tahun 2017 yang hanya sebesar Rp 100 milyar. 

Tanda diterimanya penyerahan ini yakni saat penandatanganan pakta yang dilakukan langsung oleh  Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. 

Penyerahan ini kata Syahrul sebagai awal dari rangkaian proses pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2018 pada 6 Desember lalu oleh Presiden RI di Bogor.

“Penyerahan DIPA lebih awal agar proses pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran dapat berlangsung lebih tepat waktu dan dapat memberikan dampak ganda yang lebih besar bagi pembangunan perekonomian Sulawesi Selatan,” kata Gubernur Sulsel dihadapan para bupati/walikota se-Sulsel. 

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku sangat bersyukur atas penyerahan DIPA ini, tentunya Masyarakat Gowa akan lebih sejahtera.

“Kami berharap, Dana yang diberikan mampu lebih mensejahterakan Masyarakat Gowa, dan mampu dipergunakan sebaik mungkin sesuai program yang dianggarkan,” kata bupati Gowa.(*) 


BACA JUGA