#

Belum Massif Sosialisasi, Tapi IYL-Cakka Justru Selalu Diperhitungkan di Survei

Minggu, 04 Februari 2018 | 16:43 Wita - Editor: Irfan Wahab -

Pertanyaannya, jika belum massif saja sosialisasi sudah terekam di potret survei, maka bagaimana nantinya bila gencar menggalang dukungan warga? Sebab dengan waktu yang masih tergolong lama untuk tahapan sosialisasi, pemilih bisa mengenal lebih dekat pasangan ini.

Pengamat sosiologi dari UIN Alauddin, Muhammad Ridha mengurai, trend elektabilitas pasangan ini menunjukkan angka kenaikan. Jika ini terus terjaga, maka diprediksi bisa memenangkan pertarungan.

pt-vale-indonesia

“Kalau trend kenaikannya terjaga, maka memungkinkan elektabilitas keduanya berada dikisaran 39%. Malah bisa lebih lagi. Apalagi NA-ASS, trend surveinya mengalami penurunan dibanding survei sebelumnya,” pungkas Ridha.

Sekadar diketahui, berbagai analisis politik, baik dari lembaga survei maupun pengamat komunikasi, menyebut jika IYL-Cakka sangat matang dalam berpolitik. Termasuk ahli meracik strategi.

Di samping itu, keduanya punya basis grassroot yang bisa dijadikan modal sekaligus pembeda dengan kandidat lain. Itu terbukti, IYL-Cakka mampu mengumpulkan dukungan KTP sekitar 1,6 juta.

Hitungannya, bila dukungan itu dipelihara dengan baik, maka sisa beberapa dukungan lagi diamankan, IYL-Cakka bakal terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Sulsel. (*)

Halaman:

BACA JUGA