#,

Punya 732 Satpol PP, Kasatpol PP Pemkab gowa Bilang Sudah Cukup

Selasa, 13 Februari 2018 | 16:12 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Berdasarkan data dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), jumlah personil Satpol PP di Kabupaten Gowa saat ini berjumlah 732, hal ini Kata Kasatpol PP Gowa, Alimuddin Tiro sudah mencukupi.

Kata Alimuddin, personil paling banyak itu pada Satpol PP pendidikan dengan jumlah 512 orang, Organik 60, Satpol PP Kabupaten 160.

“Jumlahnya cukup, tidak kekurangan sama sekali,” kata Alimuddin Tiro saat ditemui di Lapangan Syekh Yusuf pagi tadi. Senin (13/02/2018).

Alimuddin Tiro juga mengatakan tugas pokok dari Satpol PP sendiri berdasar pada Perda yakni membantu kepala daerah menciptakan ketentraman dan ketertiban umum, penegakan Perda dan Peraturan Bupati.

“Contohnya, kalau ada PKL yang menggunakan badan jalan itu merupakan bagian dari tugas pokoknya satpol PP untuk menertibkan mereka,” ujarnya.

Ditanya soal terobosan baru dari Satpol PP, Alimuddin mengatakan pihaknya saat ini fokus pada program Gowa Tidak Macet (Godacet).

“Kami ambil bagian disitu, bilamana ada PKL yang menggunakan bahu jalan dan menimbulkan kemacetan, disitulah fungsi dari Satpol PP. Sehingga tahun ini kami fokus di Somba Opu, Pallangga, dan Bajeng,” tambah Alimuddin Tiro.

Tak hanya itu, setiap malam Personil Satpol PP juga melakukan patroli penertiban bahu jalan di sekitar wilayah Pallangga, Panciro, dan Kalukuang.

Penertiban ini kata Alimuddin, tidak serta merta dilakukan tanpa adanya Solusi, dirinya mengungkapkan, Bupati sangat Responsip dengan mencanangkan beberapa tempat yang nantinya khusus untuk PKL saat Lapangan Syekh Yusuf di revitalisasi.

“Jadi nanti mereka tidak lagi harus menjajakan jualannya di pinggir jalandengan memakan bahu jalan, akan ada tempat tersendiri untuk mereka, kan lapangan Syekh Yusuf nantinya di revitalisasi, mereka akan diberikan tempat berjualan, tapi nanti, ini masih dalam perencanaan,” ujarnya.

Disamping itu, Satpol PP saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan swipping kepada Siswa- siswa yang mengisap lem diwilayah Kabupaten Gowa. (*)