Ini Unggulan Sistem ‘Sikeroki’ Rancangan Puskesmas Bontomarannu

Rabu, 21 Februari 2018 | 19:48 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis menghadiri, Rabu (21/2/2018), peluncuran Sistem Informasi Kesehatan dan Program Kesehatan Terintegrasi (Sikeroki) yang dirancang oleh Puskesmas Bontomarannu.

Sikeroki merupakan Sistem Informasi berbasis Website yang dapat digunakan melalui smartphone masyarakat.

pt-vale-indonesia

“Kita tahu semua, hampir disemua layanan publik yang melibatkan masyarakat pasti menggunakan sistem antrian. Nah, dengan adanya sistem informasi seperti ini tidak akan ada lagi warga yang mengantri, karena pasien masih dirumah, pihak Puskesmas disini sudah menyiapkan rekap medisnya,” jelas dr Alamsyah, Rabu (21/02/2018).

Tak hanya itu, ada beberapa keuntungan dari menggunakan sistem berbasis website ini. Salah satunya sudah tercantum jadwal pemeriksaan dokter yang diinginkan.

“Jadi tidak adami warga yang kecewa lagi karena bukan dokter yang dia inginkan bertugas pada hari itu, semua dokter sudah ada jadwal kerjanya,” ujarnya.

dr Alamsyah juga mengatakan bahwa “Sikeroki” masih tahap awal dan nantinya akan panjang kedepan. Selain sistem antrian, sementara juga pihak Puskesmas sedang memprogres Program yang terintegrasi.

“Jadi di website kita ini semua teman-teman yang punya program kita siapkan folder-folder, dimana folder ini bisa diisi oleh teman-teman pegawai puskesmas terkait semua kegiatan mengenai programnya, dan ini online bisa diakses oleh orang-orang,” terang dr Alamsyah dihadapan Sekda Gowa.

Sementara itu, Camat Bontomarannu, Muh Sabir mengatakan, bahwa Puskesmas yang ada di kecamatannya itu terus menghadirkan inovasi-inovasi baru, dan dirinya juga mengakui bahwa Puskesmas tersebut sudah bergerak jauh melebihi cabang dinas atau dinas-dinas yang lain.

“Dengan hadirnya juga Kadis Kesehatan disini, kami berharap kedepannya “Sikeroki” ini mampu digunakan oleh seluruh masyarakat Gowa,” ujar Muh Sabir. (*)


BACA JUGA